News Minggu, 27 Februari 2022 | 12:02

Mendag: Stok dan Harga Minyak Goreng Akan Normal Saat Bulan Ramadhan

Lihat Foto Mendag: Stok dan Harga Minyak Goreng Akan Normal Saat Bulan Ramadhan Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi didampingi Gubernur Sumut Edy Rahmayadi meninjau ketersediaan minyak goreng di pasaran Kota Medan. (Foto: Istimewa)

Jakarta - Menteri Perdagangan (Mendag) Muhammad Lutfi memastikan stok minyak goreng aman dan harganya akan normal saat masyarakat Indonesia menyambut bulan suci Ramadhan pada awal April 2022 mendatang.

"Ramadhan Insya Allah stok minyak goreng aman dan harga akan normal," kata Mendag Lutfi di Banda Aceh, dikutip Opsi, Minggu, 27 Februari 2022.

Hal itu disampaikan Muhammad Lutfi di sela-sela kunjungan kerja dan pengecekan ketersediaan serta harga minyak goreng di pasar terpadu Al Mahirah Lamdingin, Kota Banda Aceh.

Baca juga: Harga Minyak Goreng Mahal, Presiden Jokowi Perintahkan Ini ke Menteri Perdagangan

Selain minyak goreng, kata Lutfi, Kemendag juga memastikan bahwa untuk barang sembako seperti gula tidak akan terjadi fluktuasi, termasuk persoalan kedelai.

"Saya pastikan gula tidak akan terjadi fluktuasi, dan yang sedang kita pikirkan hari ini adalah masalah kedelai yang barang domestiknya tidak cukup, kedelai besar diimpor lebih dari 85 persen," ujarnya.

Tak hanya itu, lanjut Lutfi, Kemendag juga terus melakukan mitigasi terhadap daging sapi, hal itu karena Australia sudah mengumumkan bahwa tahun ini mereka membatasi ekspor sapi.

Baca juga: Bandingkan Subsidi Minyak Goreng Indonesia-Malaysia, DPR: Menambah Beban Rakyat

"Jadi kita hati-hati sekali karena Australia baru mengumumkan tahun ini mereka hanya menjual 40 persen dari pada ekspor normal mereka," katanya.

Karenanya, Luthfi juga mengajak pemerintah daerah untuk secara bersama-sama melakukan mitigasi harga daging, mengingat harga internasional yang juga mengalami kenaikan. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya