Pilihan Kamis, 21 Juli 2022 | 15:07

Mengenal CCTV, Benda Paling Dicari dalam Kasus Brigadir Yosua Hutabarat

Lihat Foto Mengenal CCTV, Benda Paling Dicari dalam Kasus Brigadir Yosua Hutabarat Closed Circuit Television atau CCTV. (Foto: Ist)
Editor: Tigor Munte

Jakarta - Salah satu yang paling direkomendasi publik untuk ditemukan dan dibuka terkait kasus kematian Brigadir Nopryansah Yosua Hutabarat alias Brigadir Yosua adalah closed circuit television atau CCTV.

CCTV ini bahasa kerennya adalah kamera pengintai. Nah, di dalam kamera ini diperkirakan terekam peristiwa tewasnya Brigadir Yosua. 

Setidaknya orang-orang yang berada dekat kejadian akan terlihat yang bisa menjadi petunjuk bagi penyidik mengusut kasus ini.

CCTV

Mengutip indihome, CCTV ini merupakan televisi sirkuit tertutup, terjemahannya. Bekerja dengan sistem tertutup. Difungsikan untuk memperkuat keamanan, baik di rumah maupun perkantoran.

Bahasa mudahnya adalah sebagai suatu perangkat kamera video digital dan digunakan untuk mengirim sinyal ke layar monitor. Populer disebut kamera pengintai.

Benda ini dipasang guna memantau kondisi dan situasi tempat tertentu. Langkah pencegahan hal-hal yang tidak diinginkan, khususnya tindak kejahatan. 

Kepolisian tak jarang menggunakan CCTV sebagai bukti atas tindak kejahatan di sebuah tempat kejadian perkara.

Sistem di CCTV itu punya tiga perlengkapan utama, yaitu kamera, digital video recorder, dan monitor

Fungsi

Fungsi utama CCTV adalah sebagai upaya pencegahan terhadap aksi kriminal dan kejahatan. 

CCTV mampu merekam sekaligus menampilkan video secara live sehingga siapa saja dapat memantau kondisi suatu tempat secara langsung. 

Baca juga:

CCTV Perekam Baku Tembak Brigadir J Sudah Ditemukan!

Bahkan di area minim atau tanpa cahaya sekalipun, kamera akan berfungsi dengan baik karena dilengkapi dengan infra red.

Sebagai contoh dalam dunia usaha yang mempekerjakan banyak pegawai. CCTV efektif mengawasi kegiatan yang dikerjakan pegawai. 

Memantau produktivitas pekerja dari semua divisi sehingga stabilitas sistem dalam suatu perusahaan bisa terus terjaga. 

Bisa juga menjadi alat monitoring aset atau barang berharga dari kehilangan.  

Rekaman CCTV tersimpan secara otomatis. Jadi apabila terjadi hal-hal negatif di kawasan tersebut, maka hasil rekaman dapat dijadikan sebagai barang bukti. 

Dan itu sangat membantu proses penyelidikan oleh kepolisian. Intinya, CCTV dapat dijadikan sebagai pengawas paling ampuh.

Belakangan ini bahkan kamera CCTV bisa dipasang di area publik yang rawan kecelakaan atau lokasi yang berpotensi tinggi dapat terjadi kebakaran. 

Apabila instalasi diletakkan pada tempat yang tepat, maka bisa mencegah terjadinya kecelakaan maupun kerusakan. []

 

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya