Daerah Senin, 29 November 2021 | 10:11

Mengintip Kreativitas Pemuda Desa Alue Pisang Semarakkan Maulid Nabi Muhammad

Lihat Foto Mengintip Kreativitas Pemuda Desa Alue Pisang Semarakkan Maulid Nabi Muhammad Para pemuda berswafoto dengan latar puluhan balai maulid. Foto: Kureta/Syamsurizal

Aceh Barat Daya - Pemuda Desa Alue Pisang, Kecamatan Kuala Batee, Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya), Provinsi Aceh, bergotong royong ikut andil dalam memeriahkan maulid nabi Muhammad SAW di masjid desa itu.

Pemuda desa ini terpantau menghias balai maulid yang dibawa ke masjid dengan ragam buah segar. Selain balai buah karya para pemuda, puluhan balai lain milik masyarakat juga ikut memenuhi pekarangan masjid.

Balai-balai ini, nantinya akan dihidangkan untuk para tamu undangan yang datang baik dari dalam maupun luar kecamatan. Bahkan, panitia mendatangkan tamu dari luar kabupaten untuk meudike.

Ketua panitia pelaksana Muhammad Mukhsin menjelaskan, antusias masyarakat tahun ini lebih meningkat dibandingkan tahun lalu. Acara terlihat sangat meriah, sebab semua unsur dalam desa turut andil. 

"Alhamdulillah tahun ini kepedulian masyarakat meningkat, kalau tahun lalu undangannya sekitar 800 orang, di tahun ini meningkat hingga 1.000 lebih," kata Muhksin, kepada Opsi, dikutip Senin, 29 November 2021.

Selain masyarakat setempat, tambahnya, panitia maulid juga mengundang anggota zikir dari beberapa desa, yaitu desa Gampong Tengah, Gampong Baru,dan Gampong Lampoeh Ranup.

"Jumlah keseluruhan balai maulid tahun ini sekitar lebih kurang 20 balai, di antaranya, balai Menara kembar, dari anak rantau, dihias menara kembar, balai BUMG, dihias dengan Teratak dan balai pemuda ketiga dusun, ada bentuk perahu, rumah, Beko, dan lainnya," tuturnya.

Sementara, Setia Darisman salah seorang pemuda mengatakan, ide seperti ini merupakan inisiatif dari pemuda. Tujuannya, untuk memeriahkan acara maulid dan sama-sama membantu demi kelancaran kegiatan.

"Balai ini kami buat dalam rangka memeriahkan acara maulid Nabi, jadi pemuda mengumpulkan uang seikhlasnya mungkin untuk menghias balai masing-masing dusun," ujar Asep.

Bukan hanya balai pemuda saja, kata dia, Pengurus BUMG dan masyarakat Gampong Alue Pisang dan pemuda di luar yang merantau di Malaysia juga membuat balai.

"Jadi, semua balai buah-buahan dan makanan dari warga akan kita kasih buat tamu undangan dan anggota zikir yang telah di undang oleh panitia pelaksana maulid," ucapnya. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya