News Minggu, 19 Desember 2021 | 20:12

Menhub Budi Pastikan Tak Putar Balik Kendaraan Saat Nataru

Lihat Foto Menhub Budi Pastikan Tak Putar Balik Kendaraan Saat Nataru Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi saat meresmikan bandara Ngloram di Blora, Jumat, 17 Desember 2021. (foto: ist).

Jakarta - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi memastikan tidak akan ada kebijakan memutar balik kendaraan di perbatasan wilayah saat momentum Natal 2021 dan Tahun Baru 2022 (Nataru).

"Istilah putar balik dan sebagainya tidak ada," kata Menteri Budi Karya usai meninjau sosialisasi Keselamatan Berkendara dan Pelatihan Mengemudi di Madrasah Mu`allimin Muhammadiyah Yogyakarta, dikutip Opsi, Minggu, 19 Desember 2021.

Untuk mencegah penyebaran varian baru Covid-19 Omicron, ia menuturkan pemerintah memiliki narasi tunggal, yakni dengan memperketat penerapan protokol kesehatan.

"Ada satu narasi tunggal, apa narasi tunggal itu, bahwa yang kita lakukan itu adalah pengetatan atas protokol kesehatan, pakai masker, jaga jarak, cuci tangan, dan sebagainya," ujar dia.

Ia menyadari bahwa saat ini antusiasme masyarakat untuk bepergian mulai meningkat. Kendati demikian, ia meyakini penularan Omicron dapat dicegah apabila kegiatan masyarakat diiringi dengan prokes ketat.

Menhub Budi juga meminta seluruh jajarannya dapat menerapkan pendekatan yang humanis dalam mencegah penyebaran virus di sektor perhubungan.

"Kami diimbau untuk Dirjen Perhubungan Darat, Pak Dirlantas, harus melaksanakan secara humanis. Kita harus jaga bahwa Omicron itu tidak menyebar ke mana-mana, tetapi pergerakan tetap," kata dia.

Meski upaya tersebut tidak mudah, ia meyakini seluruh jajaran dishub bersama TNI/Polri mampu menerapkan secara optimal di lapangan.

"Saya melihat bahwa antusiasme dari masyarakat untuk pergerakan luar biasa, tetapi saya juga bangga denganTNI/Polri, serta dishub-dishub itu bekerja dengan luar biasa," kata Budi Karya. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya