Daerah Selasa, 22 Februari 2022 | 15:02

Momen Kepsek di Abdya Presentasikan Program Kerja dan Hasilnya

Lihat Foto Momen Kepsek di Abdya Presentasikan Program Kerja dan Hasilnya Momen kepala sekolah di Aceh Barat Daya (Abdya) presentasikan hasil dan program kerja. (foto: Opsi/Syamsurizal).

Aceh Barat Daya - Kepala Sekolah (Kepsek) di wilayah Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) tingkat sekolah dasar (SD) dan sekolah menengah pertama (SMP) mempresentasikan hasil kerja dan program kerja untuk enam bulan ke depan.

Kegiatan perdana ini dilakukan oleh Disdikbud Abdya untuk mengetahui program kerja yang selama ini dilaksanakan oleh para kepala sekolah SD dan SMP selama enam bulan kemarin dan enam bulan ke depan.

Kabid Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Ikhwanul mengatakan program kerja yang dipaparkan oleh kepala sekolah ini demi meningkatkan mutu pendidik dalam menunjang tercapainya delapan Standar Nasional Pendidikan (SNP).

"Selain itu kepala sekolah juga harus menyusun program berdasarkan analisis SWOT (Strength, Weakness, Opportunities, Threats) atau teknik perencanaan strategi," kata Ikhwan kepada wartawan di Abdya, dikutip Opsi, Selasa, 22 Februari 2022.

"Maka dari itu, setiap kepala sekolah harus bisa merencanakan, melaksanakan, memonitoring, serta mengevaluasi suatu kegiatan," ujar dia lagi. 

Menurutnya, kegiatan ini baru pertama kali diadakan. Tujuannya untuk mengetahui apa saja program yang telah dilakukan sekolah.

Di samping itu, untuk mengetahui apa saja program yang akan dilakukan ke depan sehingga dinas dan pengawas dapat memberikan masukan, apa saja yang akan dilakukan agar tujuan program sekolah dapat efektif dan efisien sesuai dengan program dari pusat, serta visi dan misi kabupaten.

"Saat presentasi, kepala sekolah memaparkan profil singkat sekolah, program yang telah dilaksanakan selama menjabat, dan program yang akan dilakukan selama enam bulan ke depan," ujarnya.

Kemudian, presentasi langsung dilaksanakan di hadapan bidang GTK dan lintas bidang di Disdikbud, serta pengawas tingkat SMP dan SD, menggunakan power point dengan melampirkan program kegiatan.

"Setelah kita melihat dan menilai, banyak sekali informasi serta inovasi dari program yang telah dilakukan oleh kepala sekolah. Kepala sekolah juga sangat antusias dalam memaparkan berbagai keberhasilan program serta strategi dalam memajukan sekolah," ujarnya. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya