News Rabu, 12 Januari 2022 | 14:01

Momen Shin Tae-yong Pertanyakan Kualitas Pertanyaan Deddy Corbuzier

Lihat Foto Momen Shin Tae-yong Pertanyakan Kualitas Pertanyaan Deddy Corbuzier Pelatih sepak bola Shin Tae-yong. (Foto: dok. PSSI)
Editor: Eno Dimedjo

Jakarta - Pelatih Tim Nasional Sepak Bola Indonesia, Shin Tae-yong mengkritisi kualitas pertanyaan Deddy Corbuzier di acara podcast Closed The Door. Pelatih asal Korea Selatan itu, menganggap pertanyaan Deddy sangat rendah.

Hal itu diungkapkan Shin Tae-yong sewaktu menjadi bintang tamu di program podcast milik Deddy Corbuzier. Ia hadir bersama Jeong Seok-seo yang berperan sebagai penerjemah.

Mulanya, perbincangan berlangsung dengan sejumlah pembahasan mengenai motif Shin Tae-yong memilik melatih di Indonesia ketimbang menerima tawaran untuk berkarier di klub Shenzhen FC di China.

Padahal, klub di negeri China itu menawarkan gaji besar sebagai bayaran atas jasanya, yakni bayaran uang tiga kali lipat lebih besar daripada yang diterima dari Timnas Indonesia.

Shin Tae-yong menuturkan, keputusan melatih Timnas Indonesia ia ambil melihat masa depan berkarier di sebuah tim nasional ketimbang melatih sebuah klub.

Pelatih sepakbola tim nasional (Timnas) Indonesia, Shin Tae-yong saat menjadi bintang tamu di podcast milik Deddy Corbuzier, Selasa 11 Januari 2022. (Foto: Podcast Deddy)

Pertanyaan kemudian berlanjut ke sejumlah pokok pembahasan mengenai keberadaan Shin Tae-yong di Indonesia, serta kualitas pemain-pemain Timnas Indonesia yang kini diasuh olehnya.

Namun, Shin Tae-yong merasa sedikit kebingungan sewaktu menerima pertanyaan yang disodorkan Deddy Corbuzier kepadanya.

"Pelatih sepak bola, bisa main sepak bola atau tidak?" tutur Deddy Corbuzier bertanya kepada Shin Tae-yong, dikutip Opsi pada Rabu, 12 Januari 2022.

Shin Tae-yong menjawab pertanyaan Deddy Corbuzier dengan sebuah kritikan. Setengah berkelakar, pelatih asal Korea Selatan itu menganggap pertanyaan tersebut kurang berkualitas.

"Kualitas pertanyaan mungkin sangat di bawah," ujar Shin Tae-yong.

Deddy Corbuzier kemudian berusaha meluruskan maksud pertanyannya dengan memberikan sebuah analogi.

"Pelatih tinju, ada yang tidak bisa main tinju," kata Deddy. "Dulunya pemain sepak bola kan? Maksudnya sekarang ini lho, sudah tua ini lho," ujar Deddy.

Usai mendapat penjelasan atas pertanyaan tersebut, Shin Tae-yong menjawab bahwa saat ini ia masih terbilang mahir bermain sepak bola.

Baca juga: Shin Tae-yong Ungkap Alasan Pilih Melatih Timnas Indonesia Dibanding Klub China

Baca juga: Ini Kelemahan dan Kelebihan Pemain Timnas Indonesia Menurut Shin Tae-yong

"Ooo. Kalau saya sangat-sangat jago main sepak bola. Sekarang? Secara dasar masih bagus. Masih kuat lari? Bagus," ujar Shin Tae-yong. []

 

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya