News Selasa, 24 Mei 2022 | 18:05

Mudik Lebaran 2022 Lancar, Menteri Sosial Tri Rismaharini Disanjung

Lihat Foto Mudik Lebaran 2022 Lancar, Menteri Sosial Tri Rismaharini Disanjung Mensos Tri Rismaharini. (Foto: Kemensos)
Editor: Tigor Munte

Jakarta - Proses mudik Lebaran 2022 berjalan lancar. Sejumlah menteri dan lembaga menerima pujian atas kinerjanya. Secara khusus soal bantuan sosial sebagai salah satu indikator keberhasilan itu.

Mereka yang dipuji di antaranya, Menteri Sosial Tri Rismaharini dan Menteri Desa Abdul Halim Iskandar. Lantaran mengucurkan bantuan sosial lebih cepat, sehingga masyarakat menikmati lebaran.

Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy menjelaskan, pemerintah melalui Kementerian Sosial dan Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi telah menyalurkan bansos lebih awal.

Tiga bulan sekaligus, yaitu April, Mei, Juni. Agar masyarakat bisa merasakan manfaat bansos tersebut pada momen lebaran.

Baca juga:

Jokowi Instruksikan Menteri PUPR Perbesar Jalur Selatan untuk Mudik 2023

“Jadi tiga bulan dirangkap pada bulan April sebelum lebaran. Dengan demikian, maka masyarakat yang kurang beruntung yang kurang mampu, itu bisa betul-betul ikut menikmati lebaran ini karena bansosnya dimajukan oleh Bu Mensos dan Pak Menteri Desa, itu tiga bulan dirapel di depan, bukan di belakang ini membuat mereka bisa menikmati,” ujar Menteri Muhadjir dalam keterangan selepas rapat terbatas bersama Presiden Jokowi, Selasa, 24 Mei 2022.

Disinggung juga soal ketersediaan pangan. Kerja sama dilakukan Kementerian Pertanian dan Kementerian Perindustrian agar bahan pokok tersedia dalam harga yang relatif stabil.

“Seandainya ada kenaikan itu kenaikan yang lumrah karena Lebaran, yang paling menonjol, yang paling naik itu adalah ayam potong dan daging, itu biasa karena lebaran pasti pada (yang) masak opor dan opor itu perlu ayam dan juga daging,” ungkapnya.[]



Berita Terkait

Berita terbaru lainnya