Daerah Rabu, 01 Desember 2021 | 14:12

OPM Kibarkan Bendera Bintang Kejora di Bulapa, TNI: Itu Markas KSB

Lihat Foto OPM Kibarkan Bendera Bintang Kejora di Bulapa, TNI: Itu Markas KSB Pangdam XVII Cenderawasih Mayjen TNI Ignatius Yogo Triyono. (foto: Antara).

Jakarta - Pangdam XVII Cenderawasih Mayor Jenderal TNI Ignatius Yogo Triyono menyatakan pengibaran bendera Bintang Kejora saat ini ada di markas kelompok sipil bersenjata (KSB), di Kampung Bulapa, Distrik Sugapa, Kabupaten Intan Jaya. 

"Pengibaran hanya dilakukan di markas KSB di Bulapa dan di wilayah lainnya hingga kini belum ada laporan," kata Mayjen Yogo kepada wartawan di Jayapura, dikutip Opsi, Rabu, 1 Desember 2021. 

Dia mengatakan, pengibaran bendera Bintang kejora sering dilakukan di wilayah Kabupaten Intan Jaya. Namun, karena lokasi tersebut merupakan markas KSB, maka pihaknya tidak mengambil tindakan tertentu. 

"Prajurit tidak mengambil tindakan karena itu memang markas KSB," katanya. 

Dia menambahkan, saat ini secara keseluruhan, wilayah Papua dalam kondisi aman. 

"Untuk wilayah lainnya di Papua hingga kini belum ada laporan," kata dia menegaskan.

Sementara itu, sebelumnya dikabarkan ada pengibaran Bendera Bintang Kejora di GOR Cenderawasih, Jayapura, Papua. 

Direktur Kriminal Umum Polda Papua Komisaris Besar Polisi Faizal Rahmadani membenarkan adanya laporan bendera Organisasi Papua Merdeka (OPM) itu berkibar di GOR Cenderawasih dan kini para pelaku sudah diamankan. 

Tanggal 1 Desember diperingati sebagai hari ulang tahun Organisasi Papua Merdeka (OPM) yang merupakan organisasi yang berjuang memisahkan Papua dari Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya