Daerah Sabtu, 13 Agustus 2022 | 14:08

Pangkalan TNI AL Mamuju Kibarkan Merah Putih Raksasa di Permukaan Laut

Lihat Foto Pangkalan TNI AL Mamuju Kibarkan Merah Putih Raksasa di Permukaan Laut Pengibaran bendera merah putih raksasa di atas permukaan laut Mamuju, Sulbar. (Foto: Opsi/Ist)
Editor: Tigor Munte Reporter: , Eka Musriang

Mamuju - Peringati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia, Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Mamuju, Sulawesi Barat (Sulbar), mengibarkan bendera merah putih raksasa di atas permukaan laut.

Pengibaran bendera raksasa dengan ukuran 20 kali 11 meter itu menggunakan Kapal Angkatan Laut (KAL) Manakarra.

Sebanyak 77 orang personel dilibatkan dalam pengibaran bendera yang baru pertama kali dilakukan di Sulbar itu.

Bendera raksasa itu dibawa ke Pulau Karampuang yang berjarak dua kilometer meter dari Pantai Mamuju. 

Baca juga:

Seekor Ular Sanca Ditangkap Usai Makan Ternak Warga di Mamuju

Komandan Lanal Mamuju, Letkol Marinir Antonius Temmy Irawan mengungkapkan, pengibaran bendera tersebut merupakan bentuk perjuangan TNI AL untuk memeriahkan HUT ke-77 RI.

"Pengibaran ini bertujuan untuk menumbuhkan rasa nasionalisme dan rasa bangga kepada para pejuang," kata Temmy Irawan, Sabtu, 13 Agustus 2022.

"Kita ingin menumbuhkan semangat perjuangan. Kita tau dan kita sadar bahwa pahlawan-pahlawan kita itu sudah bekerja dengan keras dan penuh pengorbanan dalam memperjuangkan kemerdekaan negara ini," sambungnya.

Baca juga:

Tolak Pinjamkan Ambulans ke Warga, Kapus di Mamuju Terancam Dicopot

Di tempat yang sama, Pj Gubernur Sulbar Akmal Malik sangat mengapresiasi pengibaran bendera yang dilakukan Lanal Mamuju. 

Menurutnya, pengibaran Sang Saka Merah Putih di atas laut itu merupakan suatu kebanggaan bagi masyarakat di provinsi ke-33 itu.

"Kita bangga dan kita sekali lagi berharap, acara ini akan kembali menggugah rasa kebangsaan kita, menggugah rasa nasionalisme kita, bahwasanya Indonesia itu hadir untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat," kata Akmal.

Dia meminta seluruh masyarakat yang hadir menyaksikan pengibaran bendera, agar memaknai kemerdekaan bukan hanya sekadar acara seremonial semata. 

Namun, sebagai langkah awal untuk berbuat yang lebih baik bagi bangsa Indonesia.

"Untuk itu saya minta kepada seluruh masyarakat, jajaran dan juga OPD sekali lagi, mari kita maknai acara ini sebagai langkah awal kita berbuat baik untuk negeri, Sulbar dan masyarakat," katanya. []

 

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya