Daerah Kamis, 07 September 2023 | 17:09

Panjang Dermaga Pelabuhan Mamuju Bakal Ditambah hingga 200 Meter

Lihat Foto Panjang Dermaga Pelabuhan Mamuju Bakal Ditambah hingga 200 Meter Pemantauan Pelabuhan di Mamuju, Sulawesi Barat. (Foto: Opsi/Ist)
Editor: Rio Anthony Reporter: , Eka Musriang

Mamuju - Setelah turun kelas dari kelas I menjadi kelas III, pelabuhan Mamuju bakal mengalami pengembangan.

Hal tersebut disampaikan Kepala Unit Pelayanan Pelabuhan (UPP) Mamuju, Fourmansyah, saat diwawancarai wartawan, Kamis, 7 September 2023.

Fourmansyah mengungkapkan, pengembangan pelabuhan Mamuju perlu dilakukan mengingat letaknya yang berada tepat di ibu kota provinsi Sulawesi Barat (Sulbar)

"Keberadaan pelabuhan ini sangat dibutuhkan masyarakat dalam rangka mobilisasi, baik barang orang dan sebagainya," kata Fourmansyah.

Sehingga, kata Dia, pihaknya bakal melakukan inovasi setelah mendapat hibah lokasi yang sudah dijanjikan Pemkab Mamuju seluas 2400 meter persegi.

"Dalam rangka itulah kita akan berinovasi mereview untuk pengembangan pelabuhan secara bertahap," ungkapnya.

Jadi tidak serta-merta langsung bangun karena ada proses mulai dari hibah ada review, pengajuan anggaran hingga pembangunannya.

"Insyaallah, rencananya akan ada penambahan dermaga," ujar Fourmansyah.

Dia menjelaskan, panjang dermaga pelabuhan Mamuju saat ini hanya sekira 60 meter dan lebar sekira 10 meter.

"Oleh karena itu, kalau nanti ada kemungkinan kita kembangkan, kita akan tambah sekitar 140 meter menjadi 200 meter panjangnya dan lebar kita tambah 5 sampai 10 meter kedalamannya kearah laut," pungkasnya.

Dengan pengembangan dermaga pelabuhan Mamuju seperti yang direncanakan, Fourmansyah optimis, akan kembali naik kelas.

"Insyaallah kapal yang lebih besar nanti bisa sandar, seperti kapal dari Surabaya, Jakarta dan Makassar, bisa sandar disini dengan membawa penumpang hingga kendaraan," tutur Fourmansyah. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya