Daerah Rabu, 21 September 2022 | 12:09

Pembangunan Bandara Perintis di Polman Merujuk pada Rekomendasi Kemenhub

Lihat Foto Pembangunan Bandara Perintis di Polman Merujuk pada Rekomendasi Kemenhub Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Sulbar, Muhammad Idris. (Foto: Opsi/Eka)
Editor: Rio Anthony Reporter: , Eka Musriang

Mamuju - Rencana pembangunan Bandar Udara (Bandara) Perintis di Kabupaten Polewali Mandar (Polman), Sulawesi Barat (Sulbar), merujuk pada rekomendasi Kementerian Perhubungan (Kemenhub).

Hal tersebut disampaikan Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Sulbar, Muhammad Idris, saat diwawancarai wartawan, Rabu, 21 September 2022.

Muhammad Idris mengungkapkan, bisa tidaknya bandara tersebut dibangun, akan merujuk pada rekomendasi Kemenhub.

"Nanti di situ kita lihat kelayakan, dilihat dari advice (nasihat) dari kementerian. Kalau pun kita mau, kalau kementerian tidak memberikan rekomendasi tempatnya, itu pun sulit kita bangun," kata Muhammad Idris.

Terlepas dari dugaan ketidaksesuaian Peraturan Daerah (Perda) tentang Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) Sulbar, Muhammad Idris menilai, bandara tersebut sangat dibutuhkan sebab akan meng-cover tiga kabupaten di Sulbar.

"Kalau kita lihat dari konteks kebutuhan, sangat mendesak. Apalagi jumlah penduduknya banyak. Kalau di jumlah Mamasa, Polman dan Majene, itu bisa 800 ribu penduduk," katanya.

Untuk diketahui, Bandara Perintis rencananya akan dibangun di Kecamatan Matakali, Polman, Sulbar.

Namun dalam RTRW Sulbar, di Polman titik pembangunan bandara yakni Kecamatan Katinting atau pun Tinambung. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya