Daerah Jum'at, 18 Februari 2022 | 16:02

Pemkab Abdya Percepat Pencairan Santunan Kematian

Lihat Foto Pemkab Abdya Percepat Pencairan Santunan Kematian Ilustrasi pencarian dana. (foto: ist).

Aceh Barat Daya - Kabag Keistimewaan dan Kesra Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Aceh Barat Daya (Abdya), Cut Nur Khaziati mengatakan, pihaknya saat ini tengah disibukkan dengan verifikasi berkas proposal santunan kematian untuk dicairkan.

"Kita sedang memverifikasi berkas pemohon. Yang akan cair dalam waktu dekat pemohon dari 11 November sampai Desember 2022 dan Januari tahun ini," kata Cut Nur Khaziati di ruang kerjanya, Jumat, 19 Februari 2022.

Dia menjelaskan, adapun mengapa ada daftar pemohon tahun lalu dibayarkan tahun ini, hal itu lantaran pada akhir tahun lalu anggaran sudah tidak tersisa, sehingga baru terbayar tahun 2022.

"Admnya sudah lengkap dalam waktu dekat sudah cair. Yang akan cair juga ada data masyarakat yang masuk akhir tahun 2021 lalu," ucapnya.

Dia berujar, sebagai bentuk perhatian kepada masyarakat, Pemkab Abdya menyediakan anggaran untuk santunan kematian sebanyak Rp 3 miliar lebih setiap tahun. Dan jika administrasi-nya cepat, lengkap, maka pencairan juga cepat.

"Jadi mekanisme pencairan sudah diatur di Perbup, begitu juga nominal yang didapat ada kriteria tertentu. Kita pastikan pencairan cepat jika semua ADM cepat dilengkapi. Pada intinya kita memudahkan," ucapnya. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya