Daerah Senin, 06 Juni 2022 | 18:06

Peringati Hari Jadi ke-175 Boyolali, Upacara Digelar dengan Bahasa Jawa

Lihat Foto Peringati Hari Jadi ke-175 Boyolali, Upacara Digelar dengan Bahasa Jawa Upacara peringatin Hari Jadi ke-175 Kabupaten Boyolali. (Foto: Opsi/Humas Pemprov Jateng)
Editor: Yohanes Charles

Boyolali – Suasana berbeda terlihat di Alun-alun Kidul Kabupaten Boyolali, pada Minggu 5 Juni 2022. Dengan berbusana kejawen jangkep, karyawan Pemkab Boyolali mengikuti upacara peringatan Hari Jadi ke-175 Kabupaten Boyolali yang disiarkan secara langsung pada kanal Youtube Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Boyolali.

Para peserta upacara mengenakan busana beskap bagi yang pria, sementara kebaya nyamping wiru dikenakan kaum wanita. Mereka dengan tertib menaati seluruh aba-aba atau instruksi yang semuanya menggunakan Bahasa Jawa, termasuk kostum petugas upacara yang identik dengan busana seragam khas Keraton Kasunanan Surakarta.

Upacara diawali dengan uraian singkat sejarah Kabupaten Boyolali yang dibacakan Ketua DPRD Kabupaten Boyolali, Marsono. Sementara bertindak sebagai inspektur upacara, Bupati Boyolali M Said Hidayat juga memberikan amanat dalam bahasa Jawa. Ia mengucapkan terima kasih kepada jajaran Pemkab Boyolali yang telah bekerja keras untuk memajukan Kabupaten Boyolali.

“Kita sampaikan terima kasih karena apapun itu di tengah-tengah kita menghadapi pandemi Covid-19, Alhamdulillah Kabupaten Boyolali masih dapat memberikan yang terbaik untuk masyarakat Kabupaten Boyolali,” ungkap Bupati Said.

Said mengatakan, pada momentum Hari Jadinya, Boyolali telah mendapatkan hadiah yang spesial, berupa predikat opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) Ke-11 atas Laporan Hasil Pemeriksaan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah dari Badan Pemeriksa Keuangan Perwakilan Provinsi Jawa Tengah.

“Dalam ulang tahunnya ke-175 tahun, ini dapat menjadikan Kabupaten Boyolali, kabupaten yang ngangeni masyarakat baik yang tinggal di Kabupaten maupun yang berada di luar Kabupaten Boyolali,” kata Said.

Melalui semangat Boyolali Metal, yakni Melangkah Bersama Menata Bersama Penuh Totalitas, Said meminta kepada seluruh elemen untuk berperan aktif dalam membangun Kabupaten Boyolali.

“Kita dorong, kita wujudkan bersama, sehingga langkah membangun ini dapat kita jalankan dengan baik, dengan cepat, dengan tujuan untuk memberikan hal yang terbaik pelayanan terbaik bagi masyarakat Kabupaten Boyolali,” ujarnya.

Sebelum digelar Upacara Hari Jadi, Pemkab Boyolali juga menggelar Niti Tilas Perjalanan Ki Ageng Pandanaran di Taman Kali Gedhe, Kampung Sumberlerak, Kelurahan Siswodipuran Kecamatan Boyolali pada Sabtu 4 Juni 2022 malam. Dalam acara tersebut disajikan fragmen yang bercerita mengenai perjalanan Ki Ageng Pandanaran di Kabupaten Boyolali.

Usai pelaksanaan upacara, Said beserta rombongan menuju Taman Makam Pahlawan Ratna Negara Kabupaten Boyolali untuk berziarah. Acara yang dipimpin oleh Wakil Bupati Boyolali Wahyu Irawan tersebut diakhiri dengan tabur bunga di pusara para pahlawan. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya