Pilihan Selasa, 28 Desember 2021 | 11:12

Pernah Mengamen, Iwan Fals Diminta Nyanyi Nonstop Demi Duit Rp 10 Ribu

Lihat Foto Pernah Mengamen, Iwan Fals Diminta Nyanyi Nonstop Demi Duit Rp 10 Ribu Iwan Fals. (Foto: Instagram/iwanfals)
Editor: Eno Dimedjo

Jakarta - Musisi senior Iwan Fals mengisahkan pengalaman sewaktu masih menjadi pengamen jalanan di masa-masa awal meniti karier sebagai penyanyi. Ia mengaku pernah bernyanyi nonstop untuk beberapa waktu demi uang senilai Rp 10 ribu.

Hal itu diungkapkan Iwan Fals sewaktu hadir di program Semangat Senin Indosiar edisi Senin, 27 Desember 2021. Ia mengaku sempat mengamen di sejumlah tempat, demi memperkenalkan karyanya ke orang lain.

"Saya harus selesai nyanyi dulu baru saya terima uang. Pengen orang lain dengar lagu saya juga," tutur Iwan Fals, dikutip Opsi pada Selasa, 28 Desember 2021.

Menariknya, saat Iwan Fals mengamen di kawasan Blok M, Jakarta Selatan, ia pernah diminta oleh sekelompok orang untuk bernyanyi nonstop. Pasalnya, rombongan tersebut suka dengan karya pemilik nama lengkap Virgiawan Listanto itu.

"Ada sekelompok bapak-bapak yang suka, malah saya disuruh terus-terusan nyanyi. Saya jadi capek," ujar Iwan Fals.

Peristiwa itu, kata Iwan Fals, terjadi sekitar tahun 1970-an atau 1980-an. Dari hasil menghibur sekelompok orang itu, ia menerima uang senilai Rp 10 ribu sebagai imbalan yang terbilang besar untuk masa itu.

Baca juga:  Jelang HUT ke-27 Indosiar, Iwan Fals Ungkapkan Doa dan Harapan

Baca juga:  Iwan Fals Jawab Kemungkinan Bikin Album Bareng Musisi Lintas Genre

Kendati demikian, pelantun lagu Bento itu sempat bertanya-tanya pada diri sendiri, apakah sekelompok orang itu benar menyukai karyanya, atau justru sedang mengerjainya saja.

"Saya jadi kepikiran ini bapaknya emang suka atau mau nyiksa saya," kata dia. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya