News Jum'at, 01 April 2022 | 16:04

Pertamax Naik, Luhut Beri Sinyal Gas 3 Kg dan Pertalite Naik Bertahap

Lihat Foto Pertamax Naik, Luhut Beri Sinyal Gas 3 Kg dan Pertalite Naik Bertahap Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan. (Foto: Opsi/Istimewa)

Jakarta - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan menanggapi harga Pertamax yang naik mulai Jumat, 1 April 2022. Menurutnya, tak cuma BBM RON 92 itu, tetapi harga Pertalite bakal naik.

"Overall (secara keseluruhan) yang akan terjadi nanti, Pertamax, Pertalite (naik). Premium belum. Ya, semua akan naik. Enggak akan enggak ada yang naik itu," kata Luhut ketika meninjau Depo LRT Jabodebek di Jatimulya, Bekasi Timur, Jumat, 1 April 2022.

Namun, kata Luhut, kenaikan harga-harga bahan bakar minyak (BBM) itu akan dilakukan secara bertahap.

Baca jugaLuhut: LRT Jabodebek Diluncurkan 17 Agustus, Bareng HUT RI

"Ada yang disubsidi, masih tetap yang untuk rakyat kecil masih tetap disubsidi," ujarnya.

Tak cuma Pertalite, Luhut menyebut harga gas 3 kg atau LPG tabung melon pun akan naik, mengingat harga tidak pernah naik sejak 2007 silam.

"Kan enggak fair (adil) juga," katanya.

Baca jugaPertamax Naik Rp 3.500, Luhut: Kalau Ditahan Terus, Jebol Nanti Pertamina

"Mengenai gas 3 kg itu kita bertahap. Jadi 1 April, nanti Juli, nanti September. Itu semua bertahap dilakukan oleh pemerintah," ujar Luhut.

Menurut Luhut, kenaikan harga-harga tidak terhindarkan, mengingat kondisi ekonomi global saat ini, termasuk geopolitik yang memanas antara Rusia dan Ukraina. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya