News Rabu, 25 Januari 2023 | 10:01

PKS Setuju Paketkan Anies Baswedan dan Khofifah Indar Parawansa di Pilpres 2024

Lihat Foto PKS Setuju Paketkan Anies Baswedan dan Khofifah Indar Parawansa di Pilpres 2024 Anies Baswedan dan Khofifah Indar Parawansa. (Foto: Istimewa)
Editor: Rio Anthony

Jakarta - Partai Keadilan Sejahtera (PKS) menyatakan setuju mendukung Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa untuk maju sebagai calon wakil presiden (cawapres) Anies Baswedan di Pilpres 2024.

Khofifah diniali cocok karena mewakili segmen masyarakat Indonesia dan memiliki basis massa yang banyak.

"Cocok kok (Anies-khofifah). Mewakili segmen emak emak, mewakili kaum Nahdiyin, mewakili orang Jawa, mewakili orang terpelajar," kata Juru Bicara (Jubir) PKS Ahmad Mabruri, Minggu 22 Januari 2023 lalu.

Ia berharap pasangan Anies-Khofifah dapat disepakati partai-partai tergabung di Koalisi Perubahan, yakni Partai NasDem, Partai Keadilan Sejahtera (PKS), dan Partai Demokrat.

"Mudah-mudahan berjodoh," ucapnya.

Lanjutnya, Mabruri mengaku tak mempermasalahkan siapa pun yang nantinya maju sebagai Cawapres Anies, asalkan semua partai sepakat.

Diketahui, Partai Demokrat mengusulkan Ketua Umum Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) untuk maju sebagai Cawapres Anies, sedangkan PKS mengusulkan Ahmad Heryawan.

"Yang penting sepakat aja semua elemen koalisi perubahan," imbuh Mabruri.

Adapun Partai NasDem menilai sosok dari Nahdlatul Ulama (NU) patut dijadikan pertimbangan sebagai cawapres Anies.

Ketua DPP Partai NasDem Effendy Choirie atau Gus Choi mengungkap sosok dari kalangan NU itu seperti, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, Sekretaris Jenderal Pengurus Besar NU Syaifullah Yusuf alias Gus Ipul, putri Presiden Gus Dur Yenny Wahid, dan Wakil Gubernur Jawa Tengah Taj Yasin Maimoen alias Gus Yasin.

“Kalau Cawapres dari luar, ini wacana bebas. Saya yang berwacana. Di dalam NasDem-nya dari nama itu, ada juga yang disebut,” kata Gus Choi, Kamis 12 Januari 2023.

Ia juga menilai putra B.J. Habibie, Ilham Habibie, cocok dipertimbangkan sebagai Cawapres dari kalangan teknokrat.

Lanjutnya, Gus Choi mengungkap Parta NasDem lebih menyarankan nama-nama dari NU untuk maju sebagai Cawapres Anies Baswedan di Pilpres 2024.

“Kalau obrolan-obrolan di pengurus NasDem, level-level bawah, level menengah, sampai level atas yah intinya antara lain ya dari lingkungan NU,” pungkasnya. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya