News Kamis, 26 Januari 2023 | 13:01

Presiden Jokowi Sindir Posyandu dan BKKB Kurang Tanggap Kasus Bayi Dicekoki Kopi di Gowa

Lihat Foto Presiden Jokowi Sindir Posyandu dan BKKB Kurang Tanggap Kasus Bayi Dicekoki Kopi di Gowa Bayi yang dicekoki kopi oleh ibunya di Gowa. (Foto: Opsi/Netizen)
Editor: Rio Anthony

Jakarta - Presiden Jokowi Dodo (Jokowi) menyindir Posyandu yang kurang tanggap menangani kasus ibu yang memberi minum anak bayinya kopi di Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan (Sulsel). Ia justru mengapresiasi polisi yang bergerak lebih dulu.

Hal ini disampaikan Jokowi saat menghadiri Rakernas Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Pusat di Jakarta Timur, Rabu 25 Januari 2023.

"Sehingga yang saya baca, polisi menemui orang tua bayi, tapi seharusnya yang bener mestinya kader Posyandu, kader dari BKKBN yang datang ke sana," kata Jokowi.

Jokowi mengapresiasi Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo beserta jajarannya yang cepat tanggap mengatasi kasus itu.

"Karena kecepatan Kapolri mungkin. Karena reaksi Kapolri cepet, maka dateng lebih cepet dari kader," paparnya.

Jokowi pun berharap kejadian seperti ini tidak terulang kembali.

"Jangan sampai... bayi atau ibu hamil harus diberi protein, diberikan ikan, diberi telur, saya lihat kemarin yang rame bayi baru 7 bulan diberi kopi susu saset. Kopi susu saset oleh ibunya," ujar Jokowi.

Jokowi menuturkan kopi tak sepantasnya diberikan kepada bayi, meski pun mengandung susu. Hal ini karena tubuh bayi belum siap diberi minuman kopi.

"Karena yang ada di bayangan di sini adalah susu. Gitu loh. Anaknya mau diberi susu. Hati-hati mengenai ini," tegasnya.

Sementara itu, Kapolres Gowa AKBP Reonald TS Simanjuntak mengungkap ibu bayi tersebut, Y (24) sengaja memberikan bayinya minuman kopi dan menyebarnya melalui video di TikTok. Y mengaku hidup dalam kondisi kekurangan.

"Karena kondisi dan kekurangan yang sulit untuk masalah pembiayaan dengan kehidupannya," ungkap Reonald kepada wartawan, Rabu 25 Januari 2023.

Ia mengunggah video itu dengan harapan mendapatkan donasi dari penonton.

"Untuk mendapatkan royalti, tetapi cara itu salah, itu nanti kita akan berikan pembinaan," tambahnya.

Reonald mengatakan pihaknya telah memanggil ibu bayi tersebut untuk menjalani pemeriksaan.

"Kita akan meningkatkan untuk tes kejiwan ibu bayi. Untuk mengetahui bagaimana kondisi kejiwaan dari ibu tersebut," ungkapnya.

Ada pun kondisi bayi yang diberi minuman kopi sudah dalam kondisi sehat. Bayi tersebut juga sudah dirawat dan diberikan susu.

"Jadi untuk kondisi sekarang mulai membaik untuk anaknya, dari kemarin kita kasih susu kemudian kita rawat," sebut Reonald. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya