Pilihan Senin, 08 Agustus 2022 | 18:08

Profil Brigadir RR, Ajudan Senior yang Menjadi Tersangka Pembunuhan Brigadir J

Lihat Foto Profil Brigadir RR, Ajudan Senior yang Menjadi Tersangka Pembunuhan Brigadir J Ilustrasi pembunuhan. (Foto: Ist)
Editor: Tigor Munte

Jakarta - Bareskrim Polri sudah menetapkan dua tersangka kematian Brigadir Nofriansah Yosua Hutabarat. Salah satunya Brigadir Ricky Rizal, polisi menyebutnya Brigadir RR.

Jika Bharada E dijerat pasal pembunuhan, yakni Pasal 338 KUHP Juncto Pasal 55 dan 56 KUHP, terhadap Brigadir RR dikenakan pasal pembunuhan berencana, yakni Pasal 340 Subsider Pasal 338 Juncto Pasal 55 dan 56 KUHP.

Direktur Tindak Pidana Umum Bareskrim Polri Brigjen Andi Rian Djajadi mengungkap pasal pembunuhan berencana tersebut dalam keterangannya pada Minggu, 8 Agustus 2022.

Brigadir RR ditetapkan tersangka pada Minggu, 8 Agustus 2022. Dia langsung ditahan di Bareskrim.

Apa perannya sehingga dijerat dengan pasal yang cukup seram tersebut? Brigjen Andi enggan mengungkapnya ke wartawan dan publik karena bagian dari materi penyidikan.

Baca juga:

Sosok Richard Eliezer Pudihang Lumiu atau Bharada E

Ini sekaligus mengagetkan publik. Soalnya nama Brigadir RR ini baru belakangan muncul. Sebelumnya yang santer disebut sebagai eksekutor Brigadir J adalah Bharada E yang sudah ditetapkan tersangka pada 3 Agustus 2022 lalu.

Siapa Brigadir RR? 

Polisi yang satu ini selevel pangkatnya dengan Brigadir J. Hanya saja dia lebih senior dibanding almarhum Brigadir J atau Yosua.

Brigadir RR tugasnya mirip dengan Brigadir J, yakni sebagai ajudan dan sopir Putri Candrawathi, istri Irjen Ferdy Sambo.

Para ajudan Irjen Pol Ferdy Sambo. (Foto: Twitter)

Brigadir RR pula yang sempat mengaku kepada Komnas HAM, melihat Brigadir J memegang senjata dan menembak ke arah tangga menuju lantai dua rumah dinas Irjen Ferdy Sambo saat kejadian Jumat, 8 Juli 2022.

Dia lalu berondok di balik kulkas, mendengar adanya saling tembak. Dia menyebut tak melihat siapa lawan adu tembak Brigadir J. 

Baca juga:

Ajudan Putri Candrawathi, Brigadir RR Dijerat Pasal Pembunuhan Berencana

Namun setelah adu tembak reda, di mana Brigadir J tewas barulah dia keluar dan melihat Bharada E di tangga memegang senjata. 

Pengakuan Brigadir RR ini seakan senjata makan tuan. Kesaksiannya bukannya diamini penyidik. Sebaliknya dia ditetapkan sebagai tersangka dan langsung dijebloskan ke tahanan. 

Mengarang cerita? Entahlah, penyidik Bareskrim masih terus bekerja keras guna mengusut kasus yang menggemparkan se-Tanah Air ini.

Brigadir RR disebut-sebut dalam waktu belakangan lebih banyak bertugas di Magelang, Jawa Tengah. Pangkatnya brigadir, yakni bintara tingkat tiga di kepolisian. []

 

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya