Pilihan Minggu, 07 Agustus 2022 | 10:08

Sosok Sarmauli Simangunsong, Pengacara yang Ngotot Brigadir J Tersangka Pelecehan

Lihat Foto Sosok Sarmauli Simangunsong, Pengacara yang Ngotot Brigadir J Tersangka Pelecehan Sarmauli Simangunsong. (Foto: Linkedin)
Editor: Tigor Munte

Jakarta - Namanya Sarmauli Simangunsong. Dia adalah kuasa hukum dari Putri Candrawathi, istri Irjen Pol Ferdy Sambo.

Sarmauli bersikukuh polisi menetapkan almarhum Brigadir Yosua Hutabarat alias Brigadir J sebagai tersangka kasus pelecehan terhadap Putri Candrawathi.

Menurut Sarmauli, menyusul sudah adanya keterangan Putri sebagai saksi dan korban, serta adanya alat bukti yang mendukung, seharusnya sudah ada tersangka dalam kasus pelecehan.

Sarmauli menyebut, keterangan Putri dalam kasus ini adalah alat bukti yang sah.

Dikatakannya, berdasarkan UU TPKS, teknis penyusunan BAP terhadap korban TPKS berbeda dengan teknis penyidikan kasus-kasus lainnya. 

"Orientasi dan perlindungan kepada korban menjadi kunci utama suksesnya pengungkapan kasus ini secara terang benderang," katanya.

Baca juga:

Brigadir J Sudah Meninggal, Pengacara Masih Ngotot Seharusnya Yosua Tersangka

Sarmauli menyebut kliennya sudah diperiksa penyidik Polri sebanyak tiga kali, yakni 9 Juli, 11 Juli, dan 21 Juli 2022 

"Ibu PC (istri Irjen Ferdy Sambo) adalah warga negara yang taat hukum serta mendukung sepenuhnya proses hukum yang berjalan," katanya.

Sosok Sarmauli

Dikutip dari berbagai sumber, pengacara berdarah Batak ini merupakan pemegang gelar doktor Fakultas Hukum jebolan Universitas Gadjah Mada.

Dia mendapatkan gelar Master of Laws dari University of Queensland. Berkat keahliannya, Sarmauli pernah menjadi pemateri dalam pelatihan di acara Perhimpunan Advokat Indonesia (Peradi).

Sarmauli pernah didaulat sebagai pembicara dalam seminar bertajuk tantangan hukum dalam era disrupsi yang diselenggarakan Fakultas Hukum Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW). 

Saat itu pembicara utama adalah Prof Dr Sri Adiningsih, yang merupakan Ketua Dewan Pertimbangan Presiden periode 2014-2019.

Dia juga tercatat sebagai alumni bimbingan teknis Hukum Acara Penyelesaian Perkara Perselisihan Hasil Pemilihan Umum Anggota DPR, DPD, dan DPRD Bagi Advokat Angkatan III seperti dilansir dari laman Mahkamah Konstitusi. 

Dilihat di media sosial Linkedin, Sarmauli disebut memiliki keahlian, seperti penanganan kasus litigasi, arbitrasi hingga hukum Internasional.[]

 

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya