Pilihan Rabu, 16 Februari 2022 | 13:02

Profil Dorce Gamalama, Dedi Yuliardi Ashadi si Seniman Serba Bisa

Lihat Foto Profil Dorce Gamalama, Dedi Yuliardi Ashadi si Seniman Serba Bisa Dorce Gamalama. (Foto: Instagram/dg_kcp)
Editor: Eno Dimedjo

Jakarta - Artis serba bisa Dorce Gamalama meninggal dunia dalam usia 58 tahun pada Rabu pagi, 16 Februari 2022. Selebriti bernama asli Dedi Yuliardi Ashadi itu mengembuskan napas terakhir usai dirawat selama tiga pekan di di RSPP Simprug Jakarta.

Dorce Gamalama terlahir sebagai laki-laki dengan nama Dedi Yuliardi Ashadi di Solok, Binjai, Sumatera Barat pada, 21 Juli 1963.

Nama panggung "Dorce" mulanya diberikan oleh Myrna pemimpin kelompok tari waria Fantastic Dolls lantaran saat menjalani profesinya Dorce lebih sering memposisikan dirinya sebagai seorang perempuan meski sosok pria masih sangat kental pada dirinya.

Untuk mendukung totalitas kepribadian dan penampilannya di atas panggung, Dorce melakukan operasi ganti kelamin di Surabaya pada tahun 1983.

Ia kemudian lebih dikenal dengan nama Dorce Gamalama. Nama Gamalama diambil dari Gunung Gamalama di Pulau Ternate, Kepulauan Maluku.

Setelah kepulangannya dari ibadah haji, ia juga menambahkan namanya menjadi Dorce Gamalama Halimatussadiyah.

Dorce Gamalama. (Foto: Instagram/dg_kcp)

Semasa hidupnya, Dorce Gamalama dikenal publik sebagai penghibur dengan berbagai latar belakang, termasuk sebagai aktris, penyanyi, presenter, hingga komedian yang mengawali karier di penghujung tahun 1980-an.

Namanya mulai muncul  di jagat hiburan Tanah Air setelah Dorce kerap muncul di TVRI, yang saat itu menjadi satu-satunya stasiun TV yang melakukan siaran.

Selain sebagai pembawa acara dan komedian, Dorce juga mahir membawakan lagu dalam berbagai bahasa asing, seperti Inggris, Mandarin, Belanda, Jerman, Prancis, Arab, dan India.

Meskipun begitu, dalam sebuah wawancara Dorce mengaku merasa lebih nyaman jika disebut sebagai penghibur, dan bukan penyanyi.

Karier Dorce di kancah hiburan Tanah Air kian berkembang dengan datangnya berbagai tawaran untuk bermain film. Bergelut di kancah akting dijalaninya dengan membintangi film Dorce Sok Akrab, Dorce Ketemu Jodoh dan lainnya.

Selain itu, tawaran kontrak untuk masuk ke dapur rekaman juga diambilnya. Sepanjang karier, Dorce tercatat telah menelurkan sejumlah album musik.

Dorce Gamalama. (Foto: Instagram/dg_kcp)

Nama Dorce bahkan masuk dalam rekor Museum Rekor Indonesia (MURI) lantaran berhasil meluncurkan sembilan album sekaligus hanya dalam waktu lima bulan sejak November 2005 hingga Maret 2006.

Album yang melibatkan 74 artis itu, menempatkan Dorce masuk di posisi 1883 dalam daftar penerima penghargaan MURI.

Pencapaian lain seorang Dorce Gamalama adalah masuknya ia sebagai dalam daftar presenter papan atas Indonesia.

Dorce meninggal dunia pada Rabu, 16 Februari 2022 pukul 07.30 di Rumah Sakit Pusat Pertamina (RSPP) Simprug, Jakarta Selatan akibat komplikasi penyakit diabetes dan Covid-19.

Baca juga: Dorce Meninggal, Warga Jatibening Bekasi Kehilangan Sosok Berjiwa Sosial

Baca juga: Terpapar Covid-19, Dorce Gamalama Meninggal Dunia

Jenazah mendiang Dorce Gamalama, langsung dimakamkan dengan protokol kesehatan pencegahan Covid-19. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya