Pilihan Senin, 27 Desember 2021 | 11:12

Profil Singkat dan Perjalanan Karier Jimmy Gideon

Lihat Foto Profil Singkat dan Perjalanan Karier Jimmy Gideon Jimmy Gideon. (Foto: Paski)
Editor: Eno Dimedjo

Jakarta - Komedian Abdul Aziz atau yang dikenal sebagai Jimmy Gideon, meninggal dunia pada Minggu, 26 Desember 2021. Pelawak senior itu mengembuskan napas terakhirnya di usia 58 tahun, usai terjatuh dan tak sadarkan diri.

Jimmy Gideon dikenal publik sebagai pelawak yang memulai popularitasnya di era 1990-an. Ia membentuk grup lawak bernama Gideon bersama Sion dan Habil.

Nama Jimmy lekat dengan nama Abdul Aziz sejak kecil. Pasalnya, wajah sang komedian sewaktu kecil demikian mirip dengan Presiden Amerika Serikat pada masa itu, Jimmy Carter.

Karier pria kelahiran 22 September 1963 itu, kian melejit usai membintangi sinetron komedi Gara-Gara yang tayang di stasiun televisi RCTI.

Kala itu, Jimmy Gideon membintangi sinetron Gara-Gara bersama Sion Gideon dan Lydia Kandou. Tayangan ini, terbilang sukses meraup penonton televisi dalam jumlah besar dan dari berbagai kalangan.

Kesuksesan Jimmy Gideon berlanjut saat ia kembali dipercaya untuk membintang sejumlah judul sinetron, seperti Mana Di Mana (1998), Putri Duyung (1999), Kecil-Kecil Jadi Manten (2002), Inikah Rasanya (2003), Kamu Takut?? Aku Juga!!! (2006), Calon Presiden (2019) dan lain-lain.

Jimmy Gideon juga tercatat pernah membintangi film layar lebar. Ia sempat beradu peran dengan sederet bintang lain seperti Debby Sahertian, Robby Tumewu, Ira Wibowo, dan Titi DJ di film Lenong Rumpi pada tahun 1991 silam.

Baca juga: Daftar Artis Meninggal Dunia Sepanjang Tahun 2021

Baca juga: Mbah Minto Meninggal Dunia, YouTuber Sepuh Asal Klaten

Sepanjang kariernya di industri hiburan Tanah Air, pria asal Bengkulu itu juga sempat menjadi bintang iklan untuk beberapa produk. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya