Hukum Kamis, 19 Oktober 2023 | 17:10

Profil: Tornagogo Sihombing, Kapolda Bangka Belitung yang Baru

Lihat Foto Profil: Tornagogo Sihombing, Kapolda Bangka Belitung yang Baru Tornagogo Sihombing. (Foto: Ist)
Editor: Tigor Munte

Jakarta - Irjen Pol Tornagogo Sihombing dilantik Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo sebagai Kapolda Bangka Belitung pada Rabu, 18 Oktober 2023.

Sebelum dilantik sebagai kapolda, Tornagogo mengemban jabatan sebagai Wakil Inspektur Pengawasan Umum Polri.

Ikut dilantik sejumlah kapolda termasuk serah terima jabatan (sertijab) Danko Brimob dari Komjen Revandoko yang memasuki masa pensiun sebagai Pati Polri ke Irjen Imam Widodo. 

Kapolda yang dilakukan serah terima jabatan lainnya, antara adalah Kapolda Jawa Timur, Kapolda Kalimantan Timur, Kapolda Kalimantan Tengah, Kapolda Nusa Tenggara Barat, dan Kapolda Bangka Belitung.

Pertama Kapolda Jawa Timur yang dijabat Irjen Pol Toni Hermanto akan digantikan oleh Irjen Pol Imam Sugianto, yang saat ini menjabat sebagai Kapolda Kalimantan Timur (Kaltim).

BACA JUGA: Kapolri Mutasi 6 Kapolda, Ini Daftarnya

Untuk jabatan Kapolda Kaltim nantinya akan dijabat Irjen Pol Nanang Avianto yang kini menjabat Kapolda Kalimantan Tengah (Kalteng). Pengganti Irjen Pol Nanang yakni Irjen Pol Djoko Poerwanto yang kini menjabat sebagai Kapolda Nusa Tenggara Barat (NTB).

Irjen Pol Umar Faroq yang kini menjabat sebagai Widyaiswara Kepolisian Utama Tingkat I Sespim Lemdiklat Polri dimutasi menjadi Kapolda NTB.

Jabatan Kapolda Kepulauan Bangka Belitung juga mengalami pergantian. Irjen Pol Yan Sultra akan digantikan Irjen Pol Tornagogo Sihombing yang kini mengemban jabatan sebagai Wakil Inspektur Pengawasan Umum Polri.

Mutasi dan rotasi tersebut tertuang dalam surat bernomor ST/2360/X/KEP./2023. Dalam TR itu terdapat 55 perwira tinggi (pati) dan perwira menengah (pamen) Polri yang dimutasi dan rotasi.

Mutasi dan rotasi adalah proses alamiah di organisasi dalam rangka meningkatkan kinerja, tour of duty dan area. 

Profil Tornagogo

Dipetik dari Wikipedia, Tornagogo Sihombing menjadi perwira tinggi Polri sejak 14 Oktober 2023.

Tornagogo merupakan lulusan Akpol 1990. Dia berpengalaman dalam bidang reserse. Pria berdarah Batak itu kelahiran Medan, 23 November 1967.

Masa dinas di kepolisian sejak 1990 dengan NRP: 67110377. Dia adalah suami dari Martha Veronika Elizabeth Aritonang. []

 

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya