News Selasa, 03 Mei 2022 | 18:05

Puncak Arus Balik Diprediksi Terjadi Pada 6-8 Mei 2022

Lihat Foto Puncak Arus Balik Diprediksi Terjadi Pada 6-8 Mei 2022 Pemudik memperbaiki barang bawaannya saat berhenti di pinggir ruas tol Salatiga-Solo, Ampel, Boyolali, Jawa Tengah, Jumat, 29 April 2022. (Foto: Opsi/Antara).
Editor: Yohanes Charles

Jakarta - Puncak arus balik Idulfitri 1443 Hijriah/2022 diprediksi akan terjadi pada tanggal 6 hingga 8 Mei 2022.

Hal ini disampaikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Jakarta, Selasa 3 Mei 2022.

"Saya ingin mengingatkan bahwa pemeritah memprediksi puncak arus balik akan terjadi pada tanggal 6, 7, dan 8 Mei 2022," kata Presiden Jokowi dalam pernyataan terkait arus balik Lebaran, Selasa 3 Mei 2022 dikutip dari laman RRI.

Untuk menghindari kemacetan dan kepadatan parah arus balik Lebaran, Kepala Negara mengajak dan mengimbau masyarakat untuk pulang mudik dan kembali ke daerah masing-masing lebih awal.

"Untuk menghindari kepadatan arus balik dan agar kita semua nyaman di perjalanan, saya mengimbau, saya mengajak bapak, ibu, dan saudara-saudara yang melakukan perjalanan dengan kendaraan pribadi agar kembali lebih awal. Atau kembali setelah puncak arus balik. Tentunya dengan izin yang didapatkan dari tempat kerja," ujarnya.

Jokowi menambahkan, pemerintah akan selalu berupaya untuk melakukan yang terbaik bagi masyarakat. Termasuk mengatur perjalanan arus balik dengan manajemen lalu lintas guna mengurai kemacetan.

"Kebijakan ganjil genap, aturan satu arah atau one way, dan larangan truk masuk jalan tol akan tetap diberlakukan. Semua dilakukan agar masyarakat tetap nyaman," ujarnya. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya