News Kamis, 10 Februari 2022 | 16:02

Puspomad Usut Kasus Dudung Abdurachman, Koalisi Ulama Apresiasi Andika Perkasa

Lihat Foto Puspomad Usut Kasus Dudung Abdurachman, Koalisi Ulama Apresiasi Andika Perkasa KSAD Dudung Abdurachman. (Foto: dok. TNI AD)
Editor: Eno Dimedjo

Jakarta - Koalisi Ulama, Habib dan Pengacara Anti Penodaan Agama ( KUHAP APA) mengapresiasi langkah Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa yang berkomitmen untuk menindaklanjuti pelaporan kasus dugaan penodaan agama yang dilakukan KSAD Dudung Abdurachman.

Dalam pernyataan tertulisnya, Koordinator KUHAP APA, Damai Hari Lubis menyampaikan ucapan terima kasih kepada Andika Perkasa yang memerintahkan jajaran Puspomad untuk mengusut tuntas kasus tersebut.

"KUHAP APA dalam kesempatan ini menyampaikan apresiasi melalui ucapan terima kasih kami kepada yang semoga dimuliakan oleh Allah SWT, Bapak Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa," kata Damai Hari Lubis, dikutip Opsi pada Kamis, 10 Februari 2022.

"Yang secara tegas telah memerintahkan agar penyidik Puspomad segera menindaklanjuti laporan/pengaduan saudara A. Syahrudin, tentang adanya dugaan pelanggaran tindak pidana yang dilakukan oleh Bapak Jenderal Dudung." ujar dia.

 KSAD Dudung Abdurachman. (Foto: dok. TNI AD)

Dalam pernyataannya, Damai Hari Lubis mengatakan bahwa kasus dugaan penodaan agama "Tuhan bukan orang Arab" yang disampaikan Dudung Abdurachman di podcast milik Deddy Corbuzier, saat ini sudah masuk tahap pengembangan.

Hal itu, kata Hari Lubis, ditandai oleh langkah penyidik Puspomad yang telah melakukan pemeriksaan kepada kliennya, A. Syahruddin, selaku pelapor dalam perkara dugaan penodaan agama ini.

"Pemeriksaan oleh penyidik Puspomad, sebagai tahapan pengembangan/tindak lanjut proses hukum tingkat penyelidikan akan adanya aduan atau laporan dari saksi pengadu/pelapor terkait ucapan "Tuhan kan Bukan Orang Arab"," kata dia.

 KSAD Dudung Abdurachman. (Foto: dok. TNI AD)

Diberitakan sebelumnya, Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa memastikan Pusat Polisi Militer (Puspomad) menindaklanjuti laporan masyarakat terhadap KSAD Jenderal Dudung Abdurachman.

Andika menegaskan, tindak lanjut tersebut telah dilakukan sejak Senin, 31 Januari 2022 lalu.

Dia menuturkan, jajarannya sudah menggelar rapat untuk membahas hal tersebut. Nantinya, penyidik Puspomad dan Puspom TNI juga akan meminta keterangan dari pelapor.

Dudung sendiri dilaporkan KUHAP APA atas dugaan penodaan agama secara verbal yang dilakukan saat KSAD hadir sebagai bintang tamu di porgram podcast milik Deddy Corbuzier.

Baca juga: Foto: Dudung Abdurachman, Suksesor Andika Perkasa di Angkatan Darat

Baca juga: Jenderal Andika Perkasa Akan Pecat Prajurit TNI yang Terlibat Kekerasan

Ucapan Dudung mengenai "Tuhan kan bukan orang Arab" yang diucapkan di podcast tersebut, dianggap menyakiti hati umat Islam. []

 

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya