News Jum'at, 25 Februari 2022 | 16:02

Resmikan Tol di Sulawesi, Jokowi: Manado-Bitung Sekarang Cuman 35 Menit

Lihat Foto Resmikan Tol di Sulawesi, Jokowi: Manado-Bitung Sekarang Cuman 35 Menit Presiden Joko Widodo atau Jokowi saat meresmikan Tol Manado-Bitung, Jumat, 25 Februari 2022. (foto: YouTube).

Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi meresmikan tuntasnya pembangunan Jalan Tol Manado-Bitung di Kota Bitung, Sulawesi Utara (Sulut), setelah penyelesaian seksi Danowudu-Bitung dengan ruas jalan sepanjang 13,5 kilometer.

"Dengan demikian seluruh Jalan Tol Manado-Bitung sepanjang 39,8 kilometer tuntas dan siap dimanfaatkan untuk mendukung seluruh aktivitas masyarakat di Provinsi Sulawesi Utara," kata Presiden Jokowi dalam peresmian tol di kanal YouTube Sekretariat Presiden, Jumat, 25 Februari 2022.

Presiden Jokowi beserta rombongan juga berkesempatan langsung menggunakan Jalan Tol Manado-Bitung setelah melanjutkan rangkaian kunjungan kerja dari Kota Palu, Sulawesi Tengah.

Baca juga: Presiden Jokowi Resmikan PLTA Poso Energy dan Malea Energy di Sulawesi

Presiden nampak didampingi Gubernur Sulut Olly Dondokambey beserta jajaran menteri yakni Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Menteri BUMN Erick Thohir, dan Menteri Sekretaris Negara Pratikno.

"Tadi Pak Gubernur menyampaikan jalan tol ini memangkas waktu tempuh dari Manado ke Bitung yang sebelumnya 1,5 jam sampai 2 jam. Sekarang, tadi saya meniti 35 menit, tapi enggak ngebut. Kalau ngebut saya kira 30 menit sampai," kata Jokowi.

Baca juga: Jokowi Sentil Birokrasi PLN Saat Resmikan Dua PLTA di Sulawesi

Dengan pemangkasan waktu tempuh tersebut, Presiden Jokowi meyakini Jalan Tol Manado-Bitung bukan hanya mempermudah mobilitas orang dari Manado ke Bitung, melainkan juga pengiriman logistik serta mobilitas barang dari Manado ke Pelabuhan Internasional Bitung. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya