Jakarta - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno merespons tren pariwisata pada tahun 2023.
Menurut dia, berwisata menjadi salah satu prioritas yang penting, dan diproyeksikan calon wisatawan berencana menaikkan budget untuk traveling pada tahun ini.
Menurut trendburo, terdapat empat tren utama yang mempengaruhi perilaku wisatawan secara global.
Pertama End of Ambitions, yakni perubahan paradigma saat bekerja, salah satunya fleksibilitas.
Kedua Embellished Escapism, yakni konsumen lebih memilih hal yang unik dan pengalaman yang berbeda.
BACA JUGA: Strategi Erick Thohir Kembangkan Pariwisata Lokal: Membangun Museum Batak di Samosir
"Untuk merespons tren ini, wisatawan minat khusus yang tadinya segmented memiliki kesempatan untuk dipromosikan lebih luas,” ujarnya dilansir dari laman Kemenparekraf, Rabu, 22 Maret 2023.
Ketiga Always in Doubt, yakni konsumen lebih skeptis terhadap apa yang mereka konsumsi dan belanjakan.
Mulai dari brand, public figure, hingga pemerintah. Sebagai respons, honest review dari wisatawan yang berkunjung ke Indonesia sangat diandalkan.
Keempat Polycentric Lifestyles, yakni pilihan yang lebih variatif membuat orang mengasosiasikan diri dengan identitas mereka.
Sebagai respons, ciri khas dari suatu destinasi dan produk menjadi daya tarik. []