Hukum Kamis, 15 Desember 2022 | 14:12

Sahat Tua P Simanjuntak, Pimpinan DPRD Jatim yang Dibawa ke Gedung Merah Putih KPK

Lihat Foto Sahat Tua P Simanjuntak, Pimpinan DPRD Jatim yang Dibawa ke Gedung Merah Putih KPK Sahat Tua P Simanjuntak. (Foto: DPRD Jatim)
Editor: Tigor Munte

Jakarta - Komisi Pemberantasan Korupsi atau KPK melakukan tindakan tangkap tangan di Surabaya, Jawa Timur pada Rabu, 14 Desember 2022 malam.

Empat orang diamankan, termasuk salah seorang Pimpinan DPRD Jawa Timur, disebut bernama Sahat Tua P Simanjuntak

Kabag Pemberitaan KPK Ali Fikri menjawab Opsi pada Kamis, 15 Desember 2022 siang, melalui WhatsApp membenarkan penangkapan di Surabaya.

"Benar, tadi malam KPK lakukan tindakan tangkap tangan terhadap beberapa pihak di Surabaya, Jatim. Saat ini tim KPK masih terus kumpulkan bahan keterangan," katanya. 

Disebut dia, penangkapan terkait dugaan tindak pidana korupsi  suap pengurusan alokasi dana hibah bersumber dari APBD Jatim.

Baca juga: Politisi Partai Golkar Jatim Digaruk KPK, Digelandang ke Gedung Merah Putih

"Sejauh ini ada empat orang yang sudah ditangkap. Benar salah satunya Pimpinan DPRD Jatim. Selain itu ada tiga orang lainnya yang turut pula diamankan terdiri staf ahli di DPRD dan swasta," ungkapnya.

Dibawa ke KPK

Lebih jauh dia menyebut para pihak yang diamankan di Surabaya sudah dibawa ke KPK di Jakarta.

"Saat ini, empat orang yang ditangkap di Surabaya telah tiba di gedung Merah Putih KPK dan segera dilakukan pemeriksaan oleh tim," bebernya. 

Katanya, pemeriksaan untuk menentukan apakah ada dugaan peristiwa pidana dan menemukan pihak yang dapat dipertanggungjawabkan secara hukum sehingga ditingkatkan pada proses penyidikan.  

"Perkembangan akan segera kami sampaikan," ujar Ali.

Sahat

Informasi diperoleh, sosok Pimpinan DPRD Jatim yang diamankan adalah Sahat Tua P Simanjuntak, yang diketahui sebagai Wakil Ketua DPRD Jatim.

Sahat juga tercatat sebagai Sekretaris DPD Partai Golkar Jatim periode 202-2025, dimana ketuanya adalah M Sarmuji.

Laman DPRD Jatim memuat biodata Sahat, pria berdarah Batak kelahiran Surabaya.

Menjadi kader Partai Golkar sejak 1990 hingga meraih posisi strategis sebagai pengurus Golkar Jatim.

Dia pada Oktober 2022 lalu terpilih sebagai Ketua DPD Lembaga Pemberdayaan Masyarakat atau LPM Jatim periode 2022-2027.

Dia duduk di DPRD Jatim hasil Pemilu 2019. Daerah pemilihannya Jatim 9 meliputi, Pacitan, Ponorogo, Trenggalek, Magetan, dan Ngawi dengan meraih 52.910 suara.

Sahat dilantik sebagai Wakil Ketua DPRD Jatim pada 30 September 2019. Sebelumnya pernah menjadi anggota DPRD Jatim dua periode, 2009-2014 dan 2014-2019. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya