Hukum Kamis, 15 Desember 2022 | 13:12

Politisi Partai Golkar Jatim Digaruk KPK, Digelandang ke Gedung Merah Putih

Lihat Foto Politisi Partai Golkar Jatim Digaruk KPK, Digelandang ke Gedung Merah Putih Gedung KPK. (Foto: DW)
Editor: Tigor Munte

Jakarta - Komisi Pemberantasan Korupsi atau KPK melakukan operasi tangkap tangan atau OTT terhadap Sahat Tua Simanjuntak, yang dikenal sebagai Sekretaris DPD Partai Golkar Jawa Timur dan Wakil Ketua DPRD Jawa Timur.

OTT dilakukan KPK pada Rabu, 14 Desember 2022 malam. Sebanyak empat orang diamankan termasuk Sahat, sebagaimana diaminkan Kabag Pemberitaan KPK Ali Fikri dilansir Kamis, 15 Desember 2022.

Ali mengatakan, penangkapan dilakukan terkait dengan dugaan suap pengurusan dana hibah dari APBD Jatim kepada masyarakat.

Menurut Ali, selain mengamankan Sahat bersama tiga lainnya, juga diamankan beberapa lainnya termasuk Staf Ahli DPR RI.

"Benar, tadi malam, KPK lakukan tindakan tangkap tangan terhadap beberapa pihak di Surabaya, Jatim," kata Ali kepada Opsi, Kamis siang.

Baca juga: KPK Sebut Korupsi Pembangunan Jalan Lingkar Barat Bengkalis Rugikan Negara Rp 152 M

Disebutnya, saat ini tim KPK masih terus mengumpulkan bahan keterangan. "Setelahnya pasti kami sampaikan lengkap hasil kegiatan tersebut sebagai bagian keterbukaan informasi KPK kepada masyarakat," terangnya.

Dia menegaskan, tindakan tangkap tangan KPK di Surabaya terkait dugaan tindak pidana korupsi suap pengurusan alokasi dana hibah bersumber dari APBD Jatim.

"Sejauh ini ada empat orang yang sudah ditangkap. Benar salah satunya pimpinan DPRD Jatim. Selain itu ada 3 orang lainnya yang turut pula diamankan terdiri staf ahli di DPRD dan swasta," bebernya.

Dikatakannya, saat ini empat orang yang ditangkap di Surabaya telah tiba di gedung Merah Putih KPK dan segera dilakukan pemeriksaan oleh tim. 

"Pemeriksaan untuk menentukan apakah ada dugaan peristiwa pidana dan menemukan pihak yang dapat dipertanggungjawabkan secara hukum sehingga ditingkatkan pada proses penyidikan," tutur dia. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya