Daerah Selasa, 22 Maret 2022 | 10:03

Sebanyak 230 Warga Mengungsi Akibat Banjir Kabupaten Sigi Sulteng

Lihat Foto Sebanyak 230 Warga Mengungsi Akibat Banjir Kabupaten Sigi Sulteng Banjir melanda wilayah Kota Pasuruan, Provinsi Jawa Timur pada Senin, 21 Maret 2022 pukul 18.10 WIB. (Foto: BNPB)
Editor: Tigor Munte

Jakarta - Sebanyak 59 kepala keluarga atau 230 warga masih mengungsi pascabanjir di wilayah Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah. Banjir melanda dua desa di kabupaten ini sejak Kamis, 17 Maret 2022, pukul 18.30 waktu setempat.

Hal itu sesuai laporan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Sulawesi Tengah, Selasa, 22 Maret 2022, pukul 02.30 WIB.

Mereka disebut mengungsi di pos pengungsian maupun rumah kerabat terdekat. Petugas BPBD yang dibantu dinas-dinas terkait memberikan pelayanan dasar kepada mereka yang mengungsi. 

BPBD mengoperasikan dapur untuk untuk pelayanan makan dan minum warga. Di samping itu, petugas Dinas Kesehatan Kabupaten Sigi bersiaga di tiga titik pengungsian. 

Tercatat 70 KK terdampak sebagaimana dilaporkan BPBD yang umumnya berasal dari Desa Sejahtera dan Uenuni di Kecamatan Palolo. 

Baca juga: Gorontalo Dilanda Banjir, Total Warga Terdampak 3.409 Jiwa

Data sementara kerugian material, BPBD mencatat rumah rusak berat 5 unit, rusak sedang 14 dan rusak ringan 49. 

Kerusakan juga berdampak pada tempat usaha di Pasar Uenuni sebanyak 50 unit. Sedangkan pada sektor infrastruktur, BPBD mengidentifikasi jembatan rusak 2 unit, jalan desa rusak berat sepanjang 3 km, penangkap air rusak berat 1 unit serta jaringan pipa air bersih 100 meter.  

Selain itu, dilaporkan juga kerugian pada sektor perkebunan seluas 5 hektar lahan kebun yang terendam banjir. 

Banjir terjadi pada Kamis, 17 Maret 2022 berlangsung setelah hujan lebat mengguyur di kawasan Kecamatan Palolo. Hujan deras memicu debit air Sungai Motou meluap.

Pada analisis inaRISK, Kecamatan Palolo termasuk 13 kecamatan di Kabupaten Sigi yang memiliki potensi bahaya banjir dengan kategori sedang hingga tinggi. 

BNPB mengimbau warga untuk tetap waspada terhadap potensi banjir yang lebih buruk. Prakiraan cuaca pada hari ini, Selasa, 22 Maret 2022, wilayah Palolo masih berpeluang hujan dengan intensitas ringan. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya