Daerah Selasa, 17 Mei 2022 | 15:05

Seekor Domba di Kulon Progo Mati Terpapar PMK

Lihat Foto Seekor Domba di Kulon Progo Mati Terpapar PMK Ilustrasi hewan ternak yang dimiliki warga Kulon Progo (Foto: Opsi/RRI.co.id)
Editor: Yohanes Charles

Kulon Progo - Seekor domba di Kulon Progo Yogyakarta mati akibat terpapar Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) sudah terjadi. Hal ini disampaikan Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kulon Progo Aris Nugroho 

Aris mengatakan hewan yang terpapar positif PMK tersebut, berdasarkan tes acak hewan ternak dari luar daerah belum lama ini.

Ada empat ternak yakni dua ekor sapi dan dua ekor domba, yang diambil sampelnya oleh Balai Besar Veteriner (BBVet) Wates. Dari hasil tes yang keluar pada Jumat, 13 Mei 2022 satu ekor sapi dan satu ekor kambing dinyatakan terjangkit PMK.

"Dua hewan ini sebelumnya sudah diisolasi alias disendirikan kandangnya. Juga sudah diberikan pengobatan dan di sekitarnya kita disinfektan. Perkembangannya yang domba sudah mati, kemudian sudah dikuburkan. Semoga tidak meluas,” ungkap Aris Nugroho seperti dikutip dari laman RRI Selasa 17 Mei 2022.

Baca juga:

Guntur Romli Sindir Ustaz Somad: Ternyata Doyan Juga Liburan ke Singapura

Jokowi Bawa Kopi Dolok Sanggul saat Bertemu Elon Musk?

Sebelumnya, Kasie Humas Polres Kulon Progo Iptu I Nengah Jeffry mengatakan, pihaknya siap mendukung pengawasan dan pendampingan pemantauan PMK. Sinergi dilakukan untuk menyikapi wabah PMK tersebut.

"Kami juga akan melakukan pemantau dan memonitoring hewan ternak di wilayah kulonprogo," ungkap Jeffry. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya