Hukum Jum'at, 14 Januari 2022 | 08:01

Sejumlah Warga Pakel Banyuwangi Luka-luka Dipukuli Polisi

Lihat Foto Sejumlah Warga Pakel Banyuwangi Luka-luka Dipukuli Polisi Salah seorang warga korban kekerasan aparat Polres Banyuwangi. (Foto: Opsi/Ist)
Editor: Tigor Munte

Banyuwangi - Puluhan polisi dari Polresta Banyuwangi diduga melakukan pemukulan terhadap sejumlah warga di Pakel, Licin, Banyuwangi, Jawa Timur pada Kamis, 13 Januari 2022 malam, sekitar pukul 24.00 WIB.


Beberapa warga dikabarkan mengalami luka akibat kekerasan aparat Polresta Banyuwangi, yakni Pak Wulan, Esa, Fausi dan Cak Har. Dalam insiden menurut warga, bahkan terdengar suara tembakan.

Diperoleh informasi, warga Pakel melakukan aksi pendudukan kembali lahan leluhur mereka yang dirampas oleh PT Bumi Sari sejak 24 September 2020.

Baca juga: Jual Teman Sendiri Seharga Rp 300 Ribu, Perempuan di Banyuwangi Ditangkap Polisi

Namun dalam perjalanannya, aksi itu direpresi oleh Polresta Banyuwangi. "Kami mencatat ada 13 warga Pakel yang telah menjadi korban kriminalisasi sepanjang 2 tahun terakhir perjuangan mereka," demikian keterangan pers disampaikan Muhammad Isnur dari YLBHI, Jumat, 14 Januari 2022.

Sekaitan dengan insiden ini, warga menuntut pemerintah segera mencabut HGU PT Bumi Sari, mendesak Komnas HAM untuk segera melakukan investigasi lapangan atas pelanggaran HAM yang dilakukan oleh Polresta Banyuwangi, dan mendesak Kapolri untuk mencopot dan memecat Kapolresta Banyuwangi.

Belum diperoleh keterangan resmi dari kepolisian atas insiden tengam malam tersebut.[]

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya