News Sabtu, 22 Januari 2022 | 18:01

Sempat Berdebat dengan Bahar Smith, Danrem Suryakencana Kena Mutasi

Lihat Foto Sempat Berdebat dengan Bahar Smith, Danrem Suryakencana Kena Mutasi Komandan Korem (Danrem) 061/Suryakancana, Brigjen Achmad Fauzi. (Foto: dok. YNI AD)
Editor: Eno Dimedjo

Jakarta - Brigjen Achmad Fauzi dicopot dari jabatannya sebagai Komandan Korem (Danrem) 061/Suryakencana dan dimutasi menjadi Direktur Pengkajian dan Pengembangan Sekolah Staf dan Komando Angkatan Darat (Dirjianbang Seskoad).

Pencopotan Brigjen Achmad Fauzi dari jabatan Danrem Suryakencana, dilakukan tidak berselang lama setelah insiden dengan Bahar bin Smith pada akhir 2021 silam.

Kala itu, video perdebatan Achmad Fauzi dengan Bahar Smith sempat viral di jagat maya usai Danrem Suryakencana datang menyambangi Pondok Pesantren (Ponses) Tajul Alawiyyin asuhan Bahar di kawasan Kemang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Brigjen Achmad Fauzi dicopot dari jabatan Danrem Suryakencana sebagai bagian dari mutasi dan promosi yang dilakukan Panglima TNI Jenderal Andika terhadap ratusan jabatan di lingkungan Markas Besar (Mabes) TNI Cilangkap dan tiga matra.

Dalam mutasi yang termaktub dalam Surat Keputusan Nomor 66/I/2022 tanggal 21 Januari 2022 tentang Pemberhentian dari dan Pengangkatan Dalam Jabatan di Lingkungan TNI ini, sebanyak 328 perwira tinggi (pati) digeser atau mendapat kenaikan pangkat.

 Bahar Bin Smith. (Foto: Opsi/Istimewa)

Kapuspen TNI Mayjen Prantara Santosa mengatakan bahwa mutasi kali ini diputuskan di Jakarta pada Jumat malam WIB. Selain mutasi jabatan, pati juga ada yang dimutasi di jabatan baru.

"Hal itu telah diamanatkan dalam Perpres Nomor 66 Tahun 2019 (tentang Susunan Organisasi TNI)," kata Prantara dikutip Opsi pada Sabtu, 22 Januari 2022.

Posisi Danrem Suryakencana yang ditinggalkan Brigjen Achmad Fauzi akan ditempati Kolonel Rudy Saladin yang sebelumnya menjabat Komandan Korem (Danrem) 074/Warastratama.

Baca juga: Peringatan Danrem 061 Surya Kencana, Brigjen Achmad Fauzi kepada Bahar Smith

Baca juga: Habib Bahar Smith Ogah Hormati Dudung Abdurachman, Ternyata Ini Sebabnya

Rudy Saladin yang merupakan eks ajudan Presiden Joko Widodo (Jokowi), akan menyandang bintang satu. []

 

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya