News Senin, 20 Desember 2021 | 07:12

Shin Tae-yong Puji Mental Pemain Indonesia Usai Ganyang Malaysia 4-1

Lihat Foto Shin Tae-yong Puji Mental Pemain Indonesia Usai Ganyang Malaysia 4-1 Pelatih Tim Nasional Indonesia, Shin Tae-yong. (Foto: Opsi/Ist)
Editor: Rio Anthony

Singapura - Pelatih Shin Tae-yong memuji mentalitas pemain Indonesia setelah menang melawan Malaysia dengan skor 4-1, Minggu 19 Desember 2021 malam.

Timnas Indonesia sebelumnya tertinggal terlebih dahulu oleh Timnas Malaysia melalui gol Kogileswaran Raj di menit 13, namun berhasil membalikkan keadaan dengan mencetak 4 gol yang masing-masing dicatat oleh Irfan Jaya (36`, 43`), Pratama Arhan (50`), dan Elkan Baggot (82`).

"Sebelum pertandingan kami mengadakan team meeting, saya tegaskan walaupun kemasukan jangan panik dan harus melakukan permainan yang diinginkan," kata Shin Tae-yong saat memberikan keterangan pers, seusai laga.

Ia juga mengarahkan Timnas Indonesia untuk jangan kalah dari segi mental saat menghadapi Malaysia.

"Kami juga memberi semangat supaya pemain lebih percaya diri dan jangan kalah dari segi mental serta harus menang duel. Semakin lama, semakin berkembang tim ini. Jadi saya senang," ujarnya.

STY memberikan contoh saat ia mengalahkan Jepang dalam kompetisi Piala Asia Timur 2017. Saat itu ia melatih Timnas Korea Selatan. Meski pun kebobolan terlebih dahulu ia bersama Timnas Korea Selatan dapat membalikkan keadaan.

"Saya juga memberi contoh saat saya menjadi pelatih Timnas Korea. Saat kami berlaga di kompetisi melawan Jepang pada 2017. Yang terjadi kami juga kebobolan lebih dulu, ketinggalan 0-1 dari Jepang,"tutur STY.

Untuk pertandingan berikutnya, STY berharap agar para pemain Indonesia tetap jangan panik dan bermain seperti yang telah dilakukan saat latihan. Itu juga dia terapkan ketika menangani Korea Selatan.

"Pesan yang sama saya sampaikan ke para pemain. Jangan panik, tetap bermain seperti saat kami berlatih. Lalu, skor akhirnya 4-1. Hari ini, hal yang sama terjadi," Shin Tae-yong mengungkapkan.

Atas hasil ini, Indonesia berhasil lolos ke semifinal Piala AFF dengan menjadi juara Grup B. Indonesia selanjutnya akan melawan tuan rumah Singapura di semifinal Piala AFF 2021, Rabu 22 Desember 2021 mendatang. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya