News Rabu, 19 Juli 2023 | 10:07

Tabrak Truk Hingga Timbulkan Kobaran Api, Masinis KA Brantas Selamat

Lihat Foto Tabrak Truk Hingga Timbulkan Kobaran Api, Masinis KA Brantas Selamat Masinis KA Brantas selamat pasca kecelakaan menabrak truk di Semarang, Selasa, 18 Juli 2023 malam. (Foto: Ist)
Editor: Tigor Munte

Semarang - Kereta Api (KA) Brantas Jakarta-Surabaya menabrak satu unit truk tronton yang mengalami mogok di jalur rel di Semarang, Selasa, 18 Juli 2023 malam.

Masinis dan penumpang di dalam kereta selamat. Begitu juga sopir dan kernet truk yang sudah lebih awal ke luar dari truk sebelum terjadi tabrakan.

Masinis KA Brantas yang bertugas adalah Budi Winarno (34) dan Ari Wibowo (36). 

Pasca kejadian yang menyebabkan kebakaran akibat tubrukan keras kereta dengan truk itu, tim kesehatan memeriksa masinis dan para penumpang kereta.

Budi dan Ari selamat tanpa mengalami luka-luka.

Manager Humas PT KAI Daop 4 Semarang, Ixfan Hendriwintoko mengakui masinis dan awak kereta semua selamat. 

"Iya selamat, dan sudah dievakuasi. Untuk kejadiannya di perlintasan rel Jalan Madukoro sebelum jembatan Banjirkanal Barat. KA Brantas dari arah Pasar Senen Jakarta yang akan menuju Stasiun Semarang Poncol," ungkapnya.

Api akibat kejadian tabrakan dipadamkan setengah jam setelah kejadian. Untuk kereta api sudah ditarik menuju ke stasiun terdekat. 

"Untuk rangkaian kereta eksekutif 2 ke belakang, saat ini sudah berhasil diamankan dan ditarik mundur menuju Stasiun Jerakah," jelasnya. 

BACA JUGA: Identitas Korban Kecelakaan Maut Toyota Hiace Kontra Kereta Api Barang di Sergai

KA 112 Brantas membawa 626 penumpang dengan rangkaian yang terdiri dari 3 kereta kelas eksekutif, 6 kereta kelas ekonomi dan 1 kereta pembangkit. 

Para penumpang kereta juga dikabarkan tidak ada yang terluka. 

Media sosial pun ramai dengan kejadian pada Selasa malam tersebut. Sebuah tayangan video hasil rekaman CCTV di akun Twitter Info Jateng menunjukkan kondisi truk yang mogok di lintasan kereta.

Sopir dan kernet meminta bantuan penjaga lintasan. Namun kereta yang memang akan lewat tak bisa dihentikan hingga kemudian menabrak truk yang berhenti. Sopir dan kernet truk selamat karena memang sudah ke luar sebelumnya.

Kapolres Semarang Kombes Pol. Irwan Anwar mengatakan kejadian berawal ketika truk melewati perlintasan kereta di Jalan Madukoro. 

Saat berada di atas rel kereta mesin truk mati. Tak berselang lama datang rangkaian kereta api dari arah barat.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo turun ke lokasi kejadian pada Selasa malam. 

"Tadi malam saya cek lokasi kecelakaan di Madukoro, Alhamdulillah tidak ada korban jiwa, semua selamat termasuk masinis," katanya dikutip dari akun Twitternya, Rabu, 19 Juli 2023.

"Hari ini semua akan dibereskan, jembatan dan relnya, sehingga secepat mungkin dapat digunakan kembali. Terima kasih semuanya yang sudah sigap bekerja sama," tukasnya. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya