News Sabtu, 01 April 2023 | 23:04

Temui Pemain Tim U-20, Jokowi: Jangan Patah Semangat

Lihat Foto Temui Pemain Tim U-20, Jokowi: Jangan Patah Semangat Presiden Jokowi temui pemain tim U-20 saat latihan, Sabtu, 1 April 2023. (Foto: PSSI)
Editor: Tigor Munte

Jakarta - Gagal menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 sekaligus juga gugurnya kepesertaan tim U-20 Indonesia di ajang dunia itu, membuat Jokowi merasa perlu menemui para pemain muda tersebut.

Jokowi menemui para pemain tim U-20 dan U-22 Indonesia saat sedang latihan di Stadion Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Sabtu, 1 April 2023.

Secara khusus kepada pemain tim U-20, dia meminta jangan patah semangat dan larut dalam kekecewaan. 

Untuk pemain U-22, Jokowi meminta pemain fokus dan semangat dalam berlatih demi meraih hasil terbaik di SEA Games 2023 di Kamboja. 

Setibanya di sana ditemani Ketua Umum PSSI Erick Thohir dan jajarannya, Jokowi langsung berbincang dengan pelatih Shin Tae-yong. 

Jokowi kemudian menghampiri pemain dan memberikan semangat.

"Sore hari ini saya hadir di Gelora Bung Karno untuk memberikan semangat kepada tim U-20 agar mereka tidak larut terus dalam kekecewaan dan kesedihan," kata Jokowi. 

Jokowi mengatakan, ke depan sejak awal harus dibangun tim secara terus menerus, dan berkepanjangan.

BACA JUGA: Ganjar dan Koster `Gagalkan Piala Dunia U-20` di Indonesia, Jokowi: Ini Negara Demokrasi

Agar Indonesia memiliki sebuah tim nasional yang betul- betul siap. Seperti pemain U-20, karena masih muda masih memiliki kesempatan. 

Bisa bermain di SEA Games, Asian Games, AFF, bahkan Olimpiade 2024. 

"Saya kira kesempatan itu masih panjang, sehingga tadi saya sampaikan kepada mereka jangan patah semangat," tukasnya.

Erick juga diberikan tugas oleh Jokowi menyiapkan peta jalan bagi transformasi sepak bola Indonesia dan untuk terus berkomunikasi dengan Presiden FIFA.

BACA JUGA: Kecewa, Presiden Jokowi Bungkam saat Ditanya Gagalnya Indonesia Tuan Rumah Piala Dunia U-20

Ketua Umum PSSI harus menyiapkan blue print, dan menyiapkan peta jalan transformasi sepak bola Indonesia untuk segera disampaikan kepada FIFA.

"Berkomunikasi terus dengan FiFA baik dengan presiden FIFA maupun dengan council. Agar kita tidak diberikan sanksi oleh FIFA," katanya.

Erik dalam bulan ini akan kembali terbang ke Zurich untuk menyampaikan hal yang disampaikan Jokowi. 

Sementara itu, Shin Tae-yong merasa senang dikunjungi Presiden Jokowi.

"Perhatian Presiden Jokowi sangat besar kepada timnas Indonesia. Beliau selalu menonton dan memperhatikan perkembangan timnas. Terima kasih dari kami untuk beliau yang sudah menyempatkan waktu mengunjungi kami, semoga ke depan kami dapat meraih prestasi bersama timnas Indonesia, " kata Shin. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya