News Minggu, 13 Maret 2022 | 13:03

Terapkan Peralihan Status Pandemi ke Endemi, Pemkot Depok Siapkan Tiga Skenario

Lihat Foto Terapkan Peralihan Status Pandemi ke Endemi, Pemkot Depok Siapkan Tiga Skenario Wali Kota Depok Mohammad Idris. (Foto: Dok. ANTARA)

Jakarta - Pemerintah Kota Depok, Jawa Barat, menyiapkan tiga skenario yang akan diterapkan dalam rangka peralihan status dari pandemi ke endemi Covid-19.

"Pertama, skenario menghadapi peralihan dari pandemi ke endemi adalah vaksinasi yang efektif," kata Wali Kota Depok Mohammad Idris dalam keterangannya, Minggu 13 Maret 2022.

Dia mengungkapkan, skenario kedua berupa langkah dasar yaitu mengelola Covid-19 menjadi penyakit musiman. 

Menurutnya, hal itu dilakukan merespons ungkapan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menjadikan Covid-19 layaknya flu biasa. 

Meskipun demikian masyarakat diminta untuk tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan terkait pencegahan penularan virus corona jenis baru itu.

Idris menuturkan, Pemerintah Kota (Pemkot) Depok sedang menyiapkan peraturan daerah (perda) mengenai protokol kesehatan. 

Saat ini perda tersebut telah disahkan oleh DPRD Kota Depok dan sedang dilakukan evaluasi oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.

"Dengan perda tersebut nantinya dalam hal tindakan-tindakan, termasuk juga sanksi kepada masyarakat, bisa diterapkan, sedang kami siapkan," ujarnya.

Lebih lanjut, kata dia, skenario ketiga adalah skenario langkah ketika memasuki situasi terburuk, berupa mitigasi ancaman varian baru Covid-19. Meskipun begitu, dirinya berharap hal tersebut tidak terjadi.

Secara umum, kata Mohammad Idris, saat ini terjadi penurunan kasus Covid-19 di Kota Depok, yakni saat ini per harinya sekira 300 kasus, dari sebelumnya sempat mencapai 2.000 kasus. 

Kata kunci dari pada suksesnya peralihan dari pandemi ke endemi adalah disiplin masyarakat.[]

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya