News Selasa, 15 Februari 2022 | 14:02

Terpikir Musnahkan Wayang, Persatuan Dalang Siap Kasuskan Khalid Basalamah

Lihat Foto Terpikir Musnahkan Wayang, Persatuan Dalang Siap Kasuskan Khalid Basalamah Ustaz Khalid Basalamah. (Foto: Opsi/Istimewa)

Jakarta - Persatuan Pedalangan Indonesia (Pepadi) Eks Keresidenan Banyumas, Jawa Tengah berencana melaporkan Ustaz Khalid Basalamah terkait ceramah kontroversi soal pemusnahan wayang.

Video ceramah Khalid Basalamah tentang wayang dilarang dalam Islam maka harus dimusnahkan, sudah beredar luas di media sosial.

Koordinator Wilayah Pepadi Eks Keresidenan Banyumas, Bambang Barata Aji mengaku biasa saja ketika ada pernyataan wayang haram. Namun, ia keberatan jika wayang perlu dimusnahkan.

Baca juga: Ustaz Khalid Basalamah Beri Klarifikasi Soal Musnahkan Wayang

"Bagi kami biasa wayang disebut bid`ah atau wayang barang haram, itu kadang kita biasa saja. Tapi ketika ada kalimat itu sebaiknya dimusnahkan, waduh ini kalau dalam istilah pewayangan ini, `sedumuk batuk senyari bumi` ini sudah nantang perang," kata Bambang kepada wartawan dikutip Opsi, Selasa, 15 Februari 2022.

Lebih lanjut Bambang menjelaskan, wayang merupakan tradisi turun temurun di Indonesia. Riwayatnya panjang dan memengaruhi budaya masyarakat Indonesia.

Bambang lalu memberi kesempatan kepada Khalid untuk meminta maaf. Jika tidak, dia berencana membawa ke ranah hukum dengan melaporkan ke Bareskrim Polri.

Pihaknya memberikan waktu 14x24 jam atau maksimal pada 1 Maret mendatang sebelum melapor ke polisi.

Baca juga: Ini Pernyataan Khalid Basalamah yang Bikin Gaduh, Musnahkan Wayang

"Jadi bagi kami kaum budayawan sebenarnya sudah sengat marah, tapi kami masih kasih kesempatan setelah berdiskusi dengan banyak teman, tidak hanya Jawa Tengah, saya juga sudah bicara dengan teman-teman di Jawa timur, salah satunya Ki Jati Kusumo. Artinya, mereka semuanya mendukung," ucap Bambang.

Sebelumnya, video potongan ceramah Khalid Basalamah beredar luas di masyarakat. Dalam video, pendakwah berjanggut panjang itu tengah menjawab pertanyaan dari jemaah soal posisi wayang dalam Islam.

Menurut Khalid Basalamah, meskipun wayang merupakan peninggalan nenek moyang, bukan berarti tradisi itu harus dilakukan.

"Kalau memang itu peninggalan nenek moyang kita, mungkin kita bisa kenang dulu oh ini tradisinya orang dulu seperti ini. Tapi kan bukan berarti harus dilakukan sementara dalam Islam dilarang. Kita sudah Muslim, harusnya kita tinggalkan," kata Khalid dalam ceramahnya.

Ia juga menyarankan wayang yang dimiliki dimusnahkan. "Kalau dia punya lebih baik dimusnahkan, lebih baik dihilangkan," ujar Khalid Basalamah. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya