Daerah Senin, 12 September 2022 | 16:09

Tolak Kenaikan Harga BBM, Ratusan Mahasiswa di Mamuju Blokir Jalan Trans Sulawesi

Lihat Foto Tolak Kenaikan Harga BBM, Ratusan Mahasiswa di Mamuju Blokir Jalan Trans Sulawesi Aliansi mahasiswa Sulawesi Barat blokir Jalan Trans Sulawesi. (Foto: Opsi/Eka)
Editor: Rio Anthony Reporter: , Eka Musriang

Mamuju - Ratusan mahasiswa dari sejumlah perguruan tinggi dan universitas yang tergabung dalam aliansi mahasiswa Sulawesi Barat (Sulbar) memblokir Jalan Trans Sulawesi.

Pemblokiran jalan tersebut dilakukan di simpang empat Simbuang, Kecamatan Simboro, Kabupaten Mamuju, Sulbar, Senin, 12 September 2022.

Mahasiswa yang ikut dalam aksi unjuk rasa tersebut berangkat dari lima kampus di Mamuju, diantaranya Poltekkes, Stikes Fatimah, Unika, Unimaju dan Stikes Shinta Jaya Mamuju.

Jenderal Lapangan (Jenlap) massa aksi, Jack Paridi mengungkapkan, pemblokiran Jalan Trans Sulawesi sebagai aksi protes terhadap kebijakan pemerintah pusat.

"Turunkan harga BBM, kami tolak penyesuaian harga BBM bersubsidi," kata Jack Paridi.

Ia meminta, pemerintah tetap menstabilkan harga bahan pokok yang berpotensi mengalami kenaikan pasca naiknya harga BBM bersubsidi.

"Kami juga menuntut, pemerintah bisa membangun kilang minyak di Indonesia," katanya.

Selain itu, kata Jack, pihaknya juga meminta, pemerintah mampu menasionalisasi aset lantaran ada banyak blok-blok migas di Indonesia dikuasai asing.

"Jadi, Indonesia kebanyakan mengekspor minyak mentah. Ketika harga migas global naik, harga BBM bakal naik karena kita ketergantungan terhadap ekspor migas," kata Jack. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya