Daerah Senin, 16 Mei 2022 | 20:05

Ungkap Syukur, Nelayan Juwana Gelar Larung Sesaji

Lihat Foto Ungkap Syukur, Nelayan Juwana Gelar Larung Sesaji Masyarakat dan nelayan Kecamatan Juwana menggelar prosesi Larung Sesaji atau Sedekah Laut. (Foto: Opsi/Humas Pemprov Jateng)
Editor: Yohanes Charles

Pati – Masyarakat dan nelayan Kecamatan Juwana menggelar prosesi Larung Sesaji atau Sedekah Laut, di TPI Bajomulyo Unit II Juwana, Minggu 15 Mei 2022. Kegiatan yang rutin digelar setelah Hari Raya Idulfitri itu diikuti warga Desa Trimulyo, Kedungpancing, Bumirejo, Bendar, dan Bajomulyo.

Bupati Pati, Haryanto, menyampaikan, prosesi tersebut dilakukan sebagai rasa syukur kepada Tuhan, atas rahmat yang diturunkan bagi nelayan dalam melaut dengan mendapatkan hasil yang melimpah. Hal itu sekaligus nguri-uri budaya Jawa, yang menjadi tradisi masyarakat pesisir tersebut.

“Saya mendoakan semoga semua nelayan pelaku usaha perikanan dan semua yang bergerak di bidang perikanan ini diberikan kesehatan, keselamatan, dan keuntungan yang melimpah. Dan saya mohon karena ini masih pandemi, kita tetap mematuhi protokol kesehatan,” ungkap bupati.

Ditambahkan, Pemerintah Kabupaten Pati terus mendukung sektor perikanan di wilayahnya. Termasuk, membangun infrastruktur demi terwujudnya industri perikanan di Juwana.

Kepala Desa Bajomulyo, Sugito, selaku ketua panitia, mengapresiasi bantuan pemerintah kabupaten dalam pengembangan usaha perikanan di wilayahnya. Salah satunya, bantuan 12 hektare tanah di Pulau Seprapat, yang bakal dimanfaatkan untuk tambat kapal.

Kendati begitu, mewakili nelayan dia berharap Kementerian Kelautan memberikan kemudahan perizinan, harga solar murah, serta wilayah tangkapan luas yang terbebas dari kapal asing.

“Dan mudah-mudahan diberikan retribusi yang murah, dan pembangunan infrastruktur yang lebih baik lagi,” tandasnya. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya