News Kamis, 31 Maret 2022 | 17:03

Wapres: Libur Ramadan Jadi Penentu RI Masuk Endemi

Lihat Foto Wapres: Libur Ramadan Jadi Penentu RI Masuk Endemi Wakil Presiden RI Maruf Amin. (foto: Opsi/Morteza Syariati Albanna).

Jakarta - Wakil Presiden (Wapres) Ma`ruf Amin menyampaikan libur Ramadan 1443 Hijriah tahun 2022 ini akan menjadi salah satu faktor penentu Indonesia untuk memasuki masa endemi Covid-19.

"Hari Raya ini, Ramadan ini, menentukan apakah nanti akan masuk endemi atau masih kita di dalam pandemi," ujar Wapres di sela kunjungan kerjanya ke Surabaya, Kamis, 31 Maret 2022, dikutip dari Antara.

Wapres menjelaskan bahwa pemerintah berencana mempersilakan masyarakat untuk melakukan mudik Lebaran pada Ramadan tahun ini.

Baca jugaMengenal Metode Hisab dan Rukyat untuk Tentukan 1 Ramadan

Syaratnya adalah pemudik harus sudah menerima vaksin penguat atau booster. Wapres juga mengingatkan warga untu selalu menjaga protokol kesehatan selama melakukan mudik.

"Walau katanya tidak begitu berbahaya, tapi di daerah itu banyak orang tua, yang lanjut usia. Yang rentan banyak sekali, banyak komorbid, banyak anak-anak," ucapnya.

Wapres juga meminta kepada pemerintah daerah yang wilayahnya menjadi tujuan pemudik, supaya bersiap untuk menerima kemungkinan mudik dibuka tahun ini, kalau tidak ada lonjakan luar biasa.

Wapres berharap mudik bisa dilakukan oleh masyarakat dan tidak ada lonjakan kasus pasca-lebaran, sehingga Indonesia bisa memasuki masa endemi pasca-Ramadhan. "Sehingga kita bisa normal kembali," ujar Ma`ruf Amin. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya