Daerah Senin, 21 Februari 2022 | 10:02

Widodo Tambunan Tenggelam di Danau Toba Kedalaman 30 Meter

Lihat Foto Widodo Tambunan Tenggelam di Danau Toba Kedalaman 30 Meter Petugas saat mengevakuasi jenazah Widodo Rifandy Tambunan dari perairan Danau Toba, Senin, 21 Februari 2022. (Foto: Opsi/Alex)
Editor: Tigor Munte

Toba - Widodo Rifandy Tambunan, 25 tahun, warga Kecamatan Silaen, Kabupaten Toba, Sumatra Utara, ditemukan tak bernyawa di perairan Danau Toba pada Senin, 21 Februari 2022 pagi, sekitar pukul 09.20 WIB. 

Sebelumnya, Widodo tenggelam di perairan Danau Toba, tepatnya di Pantai Pangkodian, Desa Lintong Nihuta, Kecamatan Tampahan, Kabupaten Toba, saat berwisata pada Sabtu, 20 Februari sore. Jasad Widodo selanjutnya diserahkan ke pihak keluarga menggunakan ambulans. 

Herlan, salah satu tim penyelam yang menemukan Widodo menyebut, posisi Widodo tenggelam dan tidak terikat di rerumputan atau tersangkut di batu. 

"Tenggelam di kedalaman 30 meter, korban tidak terikat ke rerumputan atau tersangkut di bebatuan," sebutnya. 

Melihat kondisi di kedalaman air, Herlan mengimbau warga dan wisatawan agar tidak melakukan aktivitas tanpa peralatan yang memadai. 

Warga menyaksikasn proses evakuasi korban tenggelam di Danau Toba, Sumatra Utara, Senin, 21 Februari 2022. (Foto: Opsi/Alex)

"Jika tidak memakai life jaket atau alat pelampung lainnya, saya sarankan jangan melakukan aktivitas di lokasi ini," ujarnya. 

Menurut keterangan Adel Simanjuntak, pemilik warung yang tidak jauh dari lokasi, sore itu Widodo bersama beberapa temannya berjalan ke perairan Danau Toba menuju bebatuan untuk berswafoto. 

Baca juga: Warga Kalimantan Utara Tenggelam di Danau Toba

Saat itu Widodo tidak menyadari jika lokasi berbatu dan licin. Dia tergelincir hingga terjatuh ke air. 

"Mereka datang enam orang, tapi yang jalan ke sana (lokasi jatuhnya korban) hanya tiga orang. Mereka sempat duduk-duduk di batu itu, tapi mereka agak bergeser lagi ke sananya, di situlah tenggelam," ujarnya. 

Adel juga mengaku sempat mengejar Widodo sembari melempar ban, namun Widodo tidak sempat menggapai ban tersebut dan akhirnya tenggelam. 

Di lokasi kejadian tidak terlihat garis pantai atau batas pengaman untuk berenang, terlebih batas pantai yang dangkal hanya beberapa meter dari garis pantai. [Alex]

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya