Minum Kopi dan Teh Berisiko Lebih Rendah Terserang Stroke dan Demensia

Jakarta – Sebuah penelitian telah menunjukkan bahwa meminum kopi atau teh maupun kombinasi keduanya kemungkinan berkaitan dengan lebih rendahnya risiko terserang stroke dan demensia.

Menurut laporan Xinhua, dikutip pada Rabu, 16 Februari 2022, para peneliti dari Universitas Kedokteran Tianjin di China mempelajari 365.682 partisipan dari Biobank Inggris, yang berusia antara 50 hingga 74 tahun. Seluruh partisipan tersebut melaporkan kebiasaan mengonsumsi kopi dan teh.

Dalam sebuah tindak lanjut rata-rata selama 11,4 tahun untuk gejala penyakit baru, 5.079 partisipan mengidap demensia dan dari 10.053 partisipan memiliki setidaknya satu kasus stroke.

Menurut penelitian yang diterbitkan dalam PLOS Medicine, orang yang minum dua hingga tiga cangkir kopi atau tiga hingga lima cangkir teh setiap hari, atau kombinasi kopi dan teh sebanyak empat hingga enam cangkir, memiliki insiden terendah untuk kasus stroke atau demensia.

Dibandingkan dengan mereka yang tidak minum kopi atau teh, orang yang minum dua hingga tiga cangkir kopi dan dua hingga tiga cangkir teh setiap hari memiliki risiko stroke 32 persen lebih rendah dan risiko demensia 28 persen lebih rendah.

Sementara itu, risiko yang lebih rendah untuk kasus demensia pascastroke dikaitkan dengan mengonsumsi kopi saja atau kombinasi dengan teh, menurut penelitian tersebut.

Para peneliti itu juga mengevaluasi hubungan jenis-jenis kopi dengan stroke dan demensia.

Di antara kopi bubuk, kopi instan, dan kopi tanpa kafein, mereka menemukan bahwa peminum kopi bubuk dikaitkan dengan risiko yang lebih rendah untuk kasus demensia, alzheimer, dan demensia vaskular.

Kopi merupakan sumber yang kaya akan antioksidan dan senyawa bioaktif, sedangkan teh mengandung kafein dan katekin yang memiliki sifat neuroprotektif, seperti antioksidatif stres dan efek antiinflamasi. []

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

BERITA TERKINI

News Anchor Bongkar Cerita di Balik Layar TV

Jakarta - Sederet pembaca berita alias news...

Video Bokep 19 Detik di Emperan Toko Magelang, Viral di Media Sosial

Jakarta - Sebuah video bokep berdurasi 19 detik berisi...

Foto: Achmad Megantara, Perankan Rangga di Sinetron Dewi Rindu

Jakarta - Aktor muda Achmad Megantara didaulat untuk berperan...

Aston Villa Buka Peluang Enam Wakil Premier League di Liga Champions

Jakarta, Opsi.id - Keberhasilan Aston Villa menjuarai UEFA Europa...

Kembali Berulah, Dua Residivis Maling di Mamuju Ditangkap Polisi

Mamuju - Kembali berulah, dua residivis maling, EG dan...

Resmi Melatih Persija, Ini Jejak Rekam Shin Tae-yong

Jakarta, Opsi.id  - Persija Jakarta resmi menunjuk Shin Tae-yong...

Ronaldo Pimpin Portugal di Piala Dunia 2026, Ini Skuad Lengkapnya

Jakarta, OPSI.ID - Pelatih Porugal, Roberto Martínez resmi umumkan...

Belanda, Prancis, dan Spanyol Jalani Ujian Terakhir Jelang Piala Dunia 2026

JAKARTA, Opsi.id – Sejumlah tim nasional peserta Piala Dunia 2026...

HUT Bhayangkara ke-80, Polda Sulbar Satukan Polri dan Masyarakat Lewat Turnamen Catur

Mamuju, OPSI.ID - Suasana kompetitif namun penuh keakraban mewarnai...

Erling Haaland Lahir di Inggris, Dibesarkan Norwegia

Norwegia, Opsi.id - Untuk pertama kalinya sejak 1998, Norwegia...

Kopi Gayo Masuk 10 Besar Produsen Kopi Terbaik Dunia 2026

JAKARTA, Opsi.id  – Kabar membanggakan datang dari industri kopi...

Putra Tri Ramadani Cetak Sejarah, Indonesia Raya Berkibar di World Climbing Series Nomor Lead

JAKARTA, Opsi.id  – Kabar membanggakan datang dari dunia panjat...

Rupiah Tembus Rp18.160 per Dolar AS, Tertekan Konflik Timur Tengah dan Data Ekonomi AS

JAKARTA, Opsi.id  – Nilai tukar rupiah kembali mengalami tekanan...

Berita Terbaru

Popular Categories