News Kamis, 20 Oktober 2022 | 13:10

12 Anak di Sumatra Barat Meninggal Akibat Gangguan Ginjal Akut

Lihat Foto 12 Anak di Sumatra Barat Meninggal Akibat Gangguan Ginjal Akut Ilustrasi Gangguan ginjal pada anak. (foto: istimewa).

Jakarta - Dinas Kesehatan Sumatra Barat (Sumbar) mencatat sedikitnya 12 anak di provinsi tersebut meninggal dunia akibat gangguan ginjal akut.

“Sebanyak 10 anak meninggal di Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Dr M Djamil Padang dan dua anak lainnya meninggal di RSUD dr Rasyidin Padang dan RSUD Mentawai,” kata Kepala Dinas Kesehatan Sumbar Lila Yanwar saat jumpa pers di Padang, Kamis, 20 Oktober 2022.

Selain itu, saat ini masih ada yang dirawat di RSUP Dr M Djamil Padang sebanyak empat kasus, ada yang sembuh dengan gangguan ginjal dan ada yang sembuh dengan ginjal yang sudah membaik.

Ia mengatakan pihaknya akan melakukan penelusuran ke keluarga pasien dengan langkah penyelidikan epidemiologi.

"Kira-kira ada kaitan dengan kasus lain atau tidak, baik itu konsumsi makanan atau konsumsi obat, lingkungan keluarga dan sebagainya," kata dia.

Data tersebut akan dikombinasikan dengan data yang ada di RSUP Dr M Djamil Padang.

"Supaya kemungkinan itu menjadi bahan edukasi kita," katanya.

Sementara itu Penanggung Jawab Ruangan Emergency Anak RSUP Dr M Djamil Padang Indra Ihsan membenarkan dari 20 anak yang dirawat, 10 anak di antaranya meninggal dunia.

"Sebaran kasusnya lima dari Payakumbuh, tiga dari Bukittinggi, tiga dari Jambi, sisanya bervariasi dari Pariaman dan Lubuk Basung," kata dia. [Antara]

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya