Hiburan Selasa, 25 Juni 2024 | 01:06

Afgan Resmi Lepas Album Berbahasa Inggris Kedua Berjuluk Sonder

Lihat Foto Afgan Resmi Lepas Album Berbahasa Inggris Kedua Berjuluk Sonder Penyanyi solo asal Indonesia, Afgan Syahreza. (Foto: Istimewa)
Editor: Eno Dimedjo

Jakarta - Penyanyi solo asal Indonesia, Afgan Syahreza resmi merilis album berbahasa Inggris keduanya berjudul Sonder. Lagu Escape yang diperkenalkan sebagai fokus trek di karya ini, digarap bersama rapper asal Korea Selatan, Jessi.

Lewat keterangan tertulisnya, Afgan mengatakan bahwa Sonder merupakan karyanya yang paling personal.

Arti judul tersebut adalah sebuah perasaan atau kesadaran akan semua orang yang kita temui dalam hidup ini, kenal maupun tidak, bahkan hanya sebatas melewati kita saat sedang berjalan, punya kisahnya masing-masing.

"Kata `Sonder` yang mana aku temukan melalui Pinterest, sangat bergema di benakku. Setiap orang punya perspektif serta cerita hidup masing-masing, mulai dari yang simpel hingga yang komplek," kata Afgan, dikutip Opsi pada Selasa, 25 Juni 2024.

"Masing-masing dari mereka sedang mengalami sesuatu dalam hidup mereka, dan kita harus punya rasa kasih sayang terhadap orang lain. Itu yang membuatku memilih ‘Sonder’ sebagai judul album," ucap dia.

Penyanyi solo, Afgan Syahreza. (Foto: Istimewa)

Demi penggarapan album Sonder, Afgan terbang ke Inggris dan bekerja sama dengan beberapa songwriter dan produser ternama di sana, salah satunya adalah Maestro, produser single What Now milik Rihanna.

Afgan menetap selama dua minggu, dan lahirlah lima lagu untuk Sonder. Mulai dari emotional ballad berjudul Shallow Water yang bercerita tentang ketakutan akan berkomitmen dalam sebuah hubungan karena trauma masa lalu, kenyamanan dalam kesendirian dalam Lonely Night yang dancy, hingga Escape yang hadir dengan nuansa summer vibes yang fun dan fresh.

Tak hanya Jessi, tapi hadir pula penyanyi wanita R&B berdarah Vietnam-Amerika, thủy, di lagu berjudul Criminal.

Baca juga: .Feast Lepas Politrik, Single Kedua dari Album Membangun & Menghancurkan

Baca juga: Unit Rock Barasuara Lahirkan Album Ketiga Bertajuk Jalaran Sadrah

Saat ini, materi dalam album Sonder milik Afgan sudah bisa didengarkan di berbagai platform pemutar musik digital. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya