Daerah Senin, 01 Agustus 2022 | 15:08

Akses Dibuka TNI Melalui TMMD, Petani Abdya: Hasil Panen Sudah Bisa Pakai Kendaraan

Lihat Foto Akses Dibuka TNI Melalui TMMD, Petani Abdya: Hasil Panen Sudah Bisa Pakai Kendaraan Petani Kaye Aceh, Rizwan saat berada di akses pembukaan jalan program TMMD. Foto: Opsi/Syamsurizal.

Aceh Barat Daya - Petani di Kecamatan Lembah Sabil, Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya), Provinsi Aceh, bersyukur atas dibukanya akses jalan ke lahan pegunungan. Ini diinisiasi melalui program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Reguler ke-114 tahun 2022.

Dengan dibukannya akses ini, puluhan petani tidak lagi harus menggendong hasil panen di punggung. Kini, sudah bisa menggunakan kendaraan untuk membawa hasil panen dari kebun ke pasar.

"Ada lebih 50 petani yang berkebun di sepanjang akses jalan TMMD ini. Kami sangat senang akses ini dibuka," kata Rizwan, petani asal Desa Kaye Aceh, Kecamatan Lembah Sabil, Senin, 1 Agustus 2022.

Dia berujar, sudah puluhan tahun dirinya dan petani lain memikul hasil panen dari kebun ke perkampungan. Jalan yang terjal dengan jarak yang cukup jauh menjadi tantangan setiap kali para petani memanen hasil kebunnya.

"Coklat, Kuini, Pisang, Jengkol dan beberapa jenis hasil panen lain kami pikul. Kalau sudah ada akses seperti ini tentu sudah sangat terbantu," ujar Rizwan.

Menurutnya, pembukaan akses ini sangat-sangat membantu petani. Sebab, sudah sangat lama para petani mendambakan akses ini dibuka. Kini, bukan saja petani Kaye Aceh yang dapat menikmatnya, petani desa-desa lain juga.

"Warga desa lain juga punya kebun di sepanjang akses ini. Tentu kami sangat bersyukur," ucap dia lagi. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya