News Kamis, 13 Juli 2023 | 18:07

Andika: Presiden Soekarno Sampai Presiden Jokowi Ingin Bawa Indonesia Lebih Maju

Lihat Foto Andika: Presiden Soekarno Sampai Presiden Jokowi Ingin Bawa Indonesia Lebih Maju Mantan Panglima TNI Jenderal (Purn), Andika Perkasa. (Foto: Istimewa)

Jakarta - Mantan Panglima TNI Jenderal (Purn), Andika Perkasa menegaskan bahwa dirinya adalah sosok pendukung perubahan yang dilakukan secara bertahap.

Andika menyebut, perubahan itu pun dilakukan mulai dari era Presiden Pertama RI, Soekarno dan hingga masa pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Saya orang yang pro perubahan, tapi perubahan itu dilakukan secara bertahap. Karena saya yakin setiap pemerintah mulai dari pemerintahan Presiden Soekarno sampai dengan Presiden Jokowi, semuanya ingin membawa Indonesia lebih maju," kata Andika seperti mengutip tayangan YouTube `Andika Perkasa Mantap Terjun ke Politik, Siap Jadi Pemimpin Masa Depan`, Kamis, 13 Juli 2023.

Tak hanya pemerintah, ia menuturkan bahwa seluruh masyarakat Indonesia menginginkan negara ini semakin maju lagi.

"Saya yakin semua masyarakat ingin melihat Indonesia ini maju. Dan enggak ada di seluruh dunia ini, warga masing-masing negara melihat negaranya enggak maju," ujarnya.

Kendati demikian, Andika menyebut perubahan itu harus dilakukan secara bertahap.

Sebab, lanjutnya, perubahan yang dilakukan secara terburu-buru biasanya memiliki banyak konsekuensi yang tak terpikirkan.

"Tapi karena saya kebetulan sudah mendalami public policy atau ilmunya tentang eksekutif atau pemerintahan, jadi memang yang harus kita pegang adalah perubahan itu harus bertahap," tuturnya.

"Karena memang itu yang bisa membantu, malah lebih cepat. Kalau ingin perubahan yang mendadak pun, biasanya begitu banyak variabel, konsekuensi yang mungkin belum terpikir," sambungnya.

Untuk membuat Indonesia menjadi negara maju, kata dia, banyak yang harus diperbaiki.

"Jadi setiap pemerintahan, yang penting harus ada yang dilakukan dan pasti sudah dilakukan sejauh ini, karena apa? Kita mewarisi sekarang ini, mulai dari Presiden Soekarno kemudian Presiden Soeharto dan seterusnya," katanya.

Andika menjelaskan, setiap pemerintahan selalu membawa perekonomian Indonesia lebih bagus dan besar dalam hal Gross Domestic Product (GDP).

"Ini tanda bahwa kita semakin bagus. Saya ingin Indonesia, walaupun saya ingin ujungnya itu di sana, kita negara yang lebih makmur. Kita enggak tahu persis gambaran di ujung tapi yang penting besok itu lebih bagus. Harus ada peningkatan," tukasnya.

Lebih lanjut, dia berharap pemerintahan di tahun 2024 dapat membawa Indonesia semakin maju.

"Pemerintah di 2024 harus bisa membawa kemajuan mau tingkat penganggurannya, kemiskinan, besaran ekonomi kita, ekspor atau impor kita. Banyaklah," ucap Andika Perkasa.[]

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya