Daerah Selasa, 05 April 2022 | 11:04

Angin Kencang Porak-porandakan Atap Rumah Warga di Bangka Selatan

Lihat Foto Angin Kencang Porak-porandakan Atap Rumah Warga di Bangka Selatan Angin kencang menerjang pemukiman warga di Bangka Selatan, Provinsi Bangka Belitung. (Foto: BNPB)
Editor: Tigor Munte

Jakarta - Angin kencang menerjang pemukiman warga di Bangka Selatan, Provinsi Bangka Belitung, Sabtu, 2 April 2022. 

Ini terjadi bersamaan hujan dengan intensitas tinggi disertai angin kencang yang memporak-porandakan Desa Nangka yang terletak di Kecamatan Air Gegas, Bangka Selatan.

Pusat Pengendalian Operasi (Pusdalops) BNPB menghimpun data dari BPBD setempat, sedikitnya terdapat 18 KK atau 72 jiwa terdampak. 

Selain itu, dilaporkan 1 unit fasilitas ibadah dan 18 unit rumah mengalami rusak ringan. Rumah tersebut rata-rata mengalami kerusakan pada bagian atap. 

Kuatnya angin menyebabkan atap rumah warga berserakan. Dilaporkan juga tidak ada korban jiwa atas kejadian ini.

Setelah angin kencang mereda, BPBD Kabupaten Bangka Selatan melakukan kaji cepat dengan menerjunkan tim ke lapangan guna melakukan pendataan dan berkoordinasi dengan unit terkait. 

Baca juga:

Angin Kencang Terjang 115 Rumah di Kabupaten Bangka

Hingga kini, para warga dibantu dengan tim gabungan yang berada di lapangan bergotong royong memperbaiki kerusakan rumah dan membersihkan material yang terbawa saat terjadi angin kencang.

Prakiraan cuaca BMKG menyebutkan, peringatan dini untuk waspada potensi hujan sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang pada pagi, siang dan sore hari di wilayah Kota Pangkalpinang, Bangka Barat, Bangka, Bangka Tengah dan pada malam hingga dini hari di wilayah Bangka Barat, Bangka, Belitung dan Belitung Timur. 

BNPB mengimbau kepada masyarakat untuk waspada dan siap siaga terhadap potensi bahaya hidrometeorologi, seperti angin kencang. Kondisi ini dapat terjadi atau menyertai saat hujan berlangsung. 

Menghindari dari bahaya angin kencang, masyarakat diimbau untuk berlindung di dalam bangunan yang kokoh dan jangan berada di bawah pohon maupun papan baliho ketika terjadi hujan. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya