News Minggu, 07 Mei 2023 | 17:05

Anies Baswedan Ultah Tumpeng Pertama ke Presiden PKS, AHY Berikutnya

Lihat Foto Anies Baswedan Ultah Tumpeng Pertama ke Presiden PKS, AHY Berikutnya Anies Baswedan bagi nasi tumpeng ke Presiden PKS. (Foto: Tangkapan Layar)
Editor: Tigor Munte

Jakarta - Bacapres Anies Baswedan merayakan ulang tahunnya saat deklarasi relawannya di Stadion Tennis Indoor Senayan, Jakarta, pada Minggu, 7 Mei 2023.

Hadir dalam kegiatan deklarasi tiga unsur pimpinan parpol pendukungnya, yakni Presiden PKS Ahmad Syaikhu, Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono, dan salah seorang Waketum Partai NasDem.

Selepas deklarasi dan pengukuhan relawan, Anies menyampaikan pidato politik di hadapan pendukung dan relawannya.

Anies diantaranya berbicara tentang Indonesia ke depan, tentang Indonesia satu yang kesemakmuran. Bukan Indonesia yang terpisahkan karena jejak kesejahteraan yang berbeda-beda.

Anies mengatakan prinsip yang akan didorong adalah pertumbuhan yang berkualitas. Bukan semata-mata pertumbuhan yang angkanya tinggi.

"Pertumbuhan angkanya tinggi tapi tidak berkualitas tidak dirasakan oleh rakyat kebanyakan," katanya.

BACA JUGA: Anies Baswedan Bilang Kendaraan Umum di Jalan Tol Sebagai Alat Membangun Perasaan

Pertumbuhan berkualitas kata dia adalah pertumbuhan ekonomi yang tumbuhnya dirasakan oleh semua. 

"Pemerataan beriring bersama dengan pertumbuhan. Ada pertumbuhan yang begitu tinggi, tetapi rakyatnya tidak merasakan. Kenapa? Karena satu dua sektor yang tumbuh utama, yang lain hanya menonton dari rumahnya masing-masing," ujarnya. "Inilah yang akan kita jangkau semuanya," imbuhnya.

Anies menyebut, Indonesia memiliki banyak peluang dan pemerintah harus memastikan bahwa sumber daya yang diberikan pemerintah untuk rakyatnya dengan adalah tepat.

"KIta menghadapi menghadapi tantangan lingkungan hidup. Solusi menghadapi lingkungan hidup apalagi polusi udara bukanlah terletak dalam subsidi mobil listrik. Pemilik mobil-mobil listrik bukanlah yang membutuhkan subsidi," katanya.

Menurut Anies, yang didorong ke depan adalah demokratisasi sumber daya. Mengarahkan sumber daya yang dimiliki negara diberikan melalui sektor-sektor manfaat nyata bagi masyarakat banyak, bukan semata-mata untuk mendapatkan perhatian dalam percakapan apalagi percakapan di sosial media.

Itu sebabnya kata dia, jalan-jalan tol yang dibangun pemerintah hari ini akan dipenuhi kendaraan-kendaraan umum berbasis listrik dan bukan kendaraan pribadi.

"Kendaraan umum bukan hanya memindahkan badan dan logistik, tapi alat membangun perasaan kesetaraan. Alat membangun perasaan persatuan," katanya. 

Selepas pidato, Anies yang bertepatan ulang tahun disodori nasi tumpeng oleh pendukungnya.

Anies kemudian melakukan pemotongan nasi tumpeng yang kemudian pertama kali dia serahkan kepada Presiden PKS Ahmad Syaikhu, menyusul Ketua Umum Demokrat AHY dan waketum Partai NasDem.

Anies juga memberikan nasi tumpeng kepada ibundanya yang hadir dalam deklarasi dan pengukuhan relawan tersebut. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya