News Senin, 21 Februari 2022 | 17:02

Aplikasi PeduliLindungi Raib Secara Gaib dari App Store, Kok Bisa?

Lihat Foto Aplikasi PeduliLindungi Raib Secara Gaib dari App Store, Kok Bisa? Ilustrasi aplikasi PeduliLindungi. (Foto: Ist)

Jakarta - Aplikasi PeduliLindungi tiba-tiba saja raib secara gaib dari App Store, masyarakat pun banyak yang terkejut dengan hal tersebut. Merespons hal ini, juru bicara Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Dedy Permadi mengaku telah berkoordinasi dengan Kementerian Kesehatan (Kemenkes). 

Namun, Dedy belum menjelaskan secara detail mengapa aplikasi PeduliLindungi raib secara gaib di App Store, sehingga pemilik perangkat iPad dan iPhone kini tidak bisa mencari aplikasi tersebut.

"Perlu kami informasikan bahwa sedang terjadi perubahan status PeduliLindungi di App Store sehingga PeduliLindungi tidak muncul melalui kolom pencarian," ujar Dedy kepada wartawan, Senin, 21 Februari 2022.

Menurutnya, Kemenkes saat ini sedang berkoordinasi dengan pihak Apple di Amerika Serikat dan mengusahakan agar PeduliLindungi dapat tersedia lagi di App Store, yang bisa diunduh oleh pemilik iPhone maupun iPad.

"Agar PeduliLindungi dapat kembali publik melalui proses reupload aplikasi," kata Dedy.

Sembari menunggu proses reupload, Dedy menyarankan para pengguna perangkat berbasis iOS untuk sementara waktu dapat mengakses link alternatif https://apps.apple.com/us/app/pedulilindungi/id1504600374 untuk langsung terhubung dengan aplikasi PeduliLindungi di App Store.

Aplikasi PeduliLindungi adalah aplikasi yang dikembangkan dan dimanfaatkan pemerintah untuk pelacakan dan membantu di masa pandemi virus corona (Covid-19).

PeduliLindungi juga dapat digunakan untuk check-in ke tempat-tempat umum di masa pandemi, serta mengunduh sertiifkat vaksin Covid-19. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya