News Jum'at, 19 Agustus 2022 | 18:08

Arwan Aras Harap TBVF jadi Motivasi Bangkitnya Pariwisata Sulbar

Lihat Foto Arwan Aras Harap TBVF jadi Motivasi Bangkitnya Pariwisata Sulbar Anggota Komisi X DPR RI Dapil Sulbar, Arwan Aras. (Foto: Opsi/ist)
Editor: Rio Anthony Reporter: , Eka Musriang

Mamuju - Anggota Komisi X Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI Daerah Pemilihan (Dapil) Sulawesi Barat (Sulbar), Arwan Aras berharap, Tondok Bakaru Village Festival (TBVF) menjadi motivasi bangkitnya pariwisata di Sulbar yang sempat terdampak Covid-19.

"Kegiatan ini kami harapkan melibatkan partisipasi masyarakat umum dan dapat menggerakkan roda ekonomi masrakat di sekitar Desa Wisata Tondok Bakaru nantinya," kata Arwan Aras, saat dikonfirmasi wartawan, Jumat, 19 Agustus 2022.

Ia mengaku, pihaknya bersama Direktorat Jenderal (Ditjen) Kebudayaan, Kementerian Pendidikan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) mengagendakan pelaksanaan kegiatan tersebut dalam rangka menjaga dan menumbuhkan nilai-nilai lokalitas warisan leluhur melalui seni dan kebudayaan.

"Kegiatan ini juga diharapkan dapat menjadi ruang promosi destinasi wisata yang ada di Kabupaten Mamasa dan menjadi magnet bagi wisatawan nusantara dan mancanegara berkunjung ke Sulbar," katanya.

Arwan Aras menilai, kegiatan tersebut sesuai dengan amanat Undang-Undang nomor 5 tahun 2017 tentang pemajuan kebudayaan.

"Arahnya untuk memastikan ketahanan dan kontribusi budaya Indonesia di tengah peradaban dunia dapat terjaga melalui perlindungan, pengembangan, pemanfaatan dan pembinaan kebudayaan," kata Arwan Aras.

Amanat pembinaan Undang-Undang tersebut, kata dia, adalah upaya pemberdayaan SDM untuk meningkatkan dan memperluas peran aktif dan inisiatif masyarakat dalam mewujudkan masyarakat Indonesia yang berdaulat secara politik, berdikari secara ekonomi dan berkepribadian dalam kebudayaan.

"Sejalan dengan itu, kegiatan ini melibatkan Lembaga Malaqbiq Institute sebagai panitia pelaksana," katanya.

Sementara itu, Penjabat (Pj) Gubernur Sulbar, Akmal Malik mengajak, seluruh masyarakat Sulbar ikut menyukseskan TBVF yang merupakan pagelaran seni budaya yang menjadi ruang terbaik untuk menikmati ragam seni budaya Mamasa.

"Saya mengajak kita bersama masyarakat Sulbar untuk hadir pada acara Tondok Bakaru Village Festival," kata Akmal.

Untuk diketahui, TBVF akan berlangsung mulai 26 hingga 28 Agustus 2022 mendatang di Desa Wisata Tondok Bakaru, Kecamatan Mamasa, Mamasa, Sulbar.

Pada pelaksanaan TBVF, akan menampilkan beberapa item kegiatan seperti camping seru, pentas seni tradisional dan modern, festival musik akustik, sharing fotografi, pameran foto dan lukisan, dialog budaya, trip wisata, eduwisata anggrek, eduwisata kopi, tenun Mamasa, Ma’salialang, tangkap ikan massal dan masak bambu massal.

Selain itu panitia pelaksana juga melibatkan pelajar dan mahasiswa jadi pengisi acara sebagai ruang strategis untuk terus mendekatkan generasi muda dengan nilai-nilai tradisi lokalitas. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya